Penyebab Engine Hanger Matik Patah dan Solusinya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Akhir-akhir ini sering ditemukan permasalahan engine hanger motor matik yang patah. Cukup mengherankan, karena bagian didesain sangat kuat, kok bisa patah. Usut punya usut ternayata salah satu penyebab utamanya adalah polisi tidur yang dibuat semabarangan.

Pembuatan polisi tidur harus mengikuti aturan untuk menghindari kecelakan bahkan kerusakan kendaraan yang melewatinya. Nah motor matik yang sering melewati polisi tidur yang dibuat sembarang, maka bagian motor yang sering terkena hantaman polisi tidur adalah engine hanger. Bagi yang belum tahu apa itu engine hanger, bisa melihat gambar ini …

Bagian bawah engine hanger ini sering terhantam oleh polisi tidur. Beberapa hal yang memperberat hantamannya adalah :

  • Desain polisi tidur tidak landai sehingga saat polisi tidur berada di kolong motor, baik ban depan maupun ban belakang tidak berada di punggung polisi tidur. Jika ban depan atau ban belakan berad di punggung polisi tidur, maka bagian engine hanger ini akan sedikit lebih tinggi kedudukan yang bisa terhindar dari menyentuh puncak polisi tidur tersebut.
  • Polisi tidur terlalu tinggi
  • Beban terlalu berat, sehingga bagian kolong, khususnya engine hanger semakin rendah.
  • Penggunaan motor yang kasar, ada polisi tidur tidak melakukan pengereman, main hajar saja, sehingga polisi tidur dapat semakin keras menghantam engine hanger.

Berikut ini akibat gesekan dan hantaman polisi tidur pada bagian bawah engine hanger.

Terlihat material engine hanger tergerus sangat parah dan sudah menjadi sangat tipis, sehingga tidak mampu lagi melayani gaya pada motor, sehingga mulai retak. Beruntung si owner segera mengetahuinya yang kemudian ditindaklanjuti dengan mengakalinya agar kembali kuat dan bisa digunakan. Sayangkan harus ganti crankcase hanya gara-gara ini.

Jika sampai terlambat maka engine hanger ini bisa patah. Masih beruntung jika patahannya tidak jatuh di jalan, sehingga lebih mudah diperbaiki. Jika sampai jatuh di jalan dan hilang, maka perbaikannya akan semakin sulit, karena bengek harus membuatkan lubang ulang yang senter untuk as swingarm nya.

Berikut ini penampakan hasil kerja mekanik dalam rangka memperkuat engine hanger motor matik (berlaku untuk semua motor matik).

Dilas diral

Perbaikan ini mungkin yang paling ideal dan paling bagus hasilnya.

Dilas dengan plat aluminium (dibaut)

Sepertinya jika dilihat dari engine hangernya, sudah mengalami patah. Dan usaha menyambungnya dengan plat yang dilas ke bagian kecil yang patah, dan dibaut ke bagian utama.

Diperkuat dengan plat besi (dibaut)

Penguatan jenis ini mungkin yang paling sederhana, diikat dengan plat besi tebal dan dibaut ke bagian utama. Untuk menguatkan ikatannya bisa ditambahkan sedikit las-lasan. Resiko dari cara ini adalah, karena material yang pergunakan sebagai penguat adalah besi, meskipun lebih kuat, akan tetapi rawan berkarat, karena sering terkena air dan kotoran dari jalan.

Nah bagi mas bro dan mbak sis yang bagian bawah motor matiknya terasa sering menghantam polisi tidur ada baiknya memeriksa bagian ini. Lakukan penguatan sebelum patah di jalan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan