Sumber Kegalauan Mekanik Motor : “Ketinggalan”

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ada sebuah kejadian yang sering membuat galau para mekanik, seringkali terjadi pada mekanik pemula. Akan tetapi terkadang juga terjadi pada mekanik senior, meskipun sangat jarang. Hal ini disebabkan karena terburu-buru dikejar target, atau kondisi fisik dan psikis yang kurang sip. Misalnya kondisi badan yang kurang sehat atau dalam kondisi kebelet mau ke belakang, dan atau kondisi psikis yang dalam tekanan (stress) atau tidak fokus (ngelamun).

Kejadian tersebut adalah tertinggalnya salah satu atau mungkin lebih komponen mesin. Sementara mesin sudah dirakit sempurna. Yang lebih galau lagi motor sudah diambil dan dipakai oleh konsumen. Dan merupakan galau kuadrat adalah ketika komponen yang tertinggal tersebut adalah termasuk komponen mesin.

Berikut ini komponen yang mungkin tertinggal saat mesin sudah dirakit :

 

Cri Clip Pen Piston

Cir clip ini kecil dan terlihat remeh, akan tetapi sangat penting fungsinya. Yaitu menahan pen piston agar tidak bergerser dari posisinya. Karena jika sampai bergeser, maka pen pistin akan “nongol” ke luar piston dan bisa menggerus dinding silinder. Silinder bisa baret dan oli mesin bisa terbakar (mesin ngebul), dan jika tidak disadari maka oli bisa berkurang bahkan habis, dan mesin bisa ambrol (piston ngejim, stang piston patah, crankcase jebol terhantam stang psiton yang patah tersebut).

Itu yang terbayangkan oleh mekanik yang melihat part ini tertinggal, saat mesin motor sudah dirakit, bahkan sudah dites. Akan tetapi terkadang untuk kasus penggantian piston+ring piston+pen piston, memang cir clip akan tertinggal. Maksudnya tertinggal bersama dengan part-part lainnya, karena sudah digantikan dengan yang baru. Lain halnya jika pembongkaran mesin tanpa penggantian komponen tersebut, maka bisa dipastikan komponen tersebut (cir clip) adalah komponen yang tertinggal (ketinggalan). Maka mesin harus dibongkar-pasang ulang untuk memastikan cir clip tersebut terpasang pada tempatnya.

 

Mangkok Pelindung Kopling

Komponen ini terdapat pada motor bebek honda, yang berfungsi sebagai pelindung kopling agar selalu terendam oli saat oli tinggal sedikit sehinga kampas kopling awet dan tidak mudah terbakar. Juga sebagai tempat mengendapnya lumpur kotoran sehingga oli yang bersirkulasi menjadi lebih bersih. Part ini seringkali sangat menjengkelkan para mekanik, karena sangat kurang terkait dengan mesin seperti motor-motor lainnya, sehingga seringkali tertinggal saat mesin sudah dirangkai.

Ada beberapa mekanik yang menyatakan bahwa tidak mengapa part ini tidak dipasang. Tapi menurut iwf sebaiknya dipasang, meskipun jika tidak dipasang tidak terlalu berpengaruh terhadap mesin. Karena menurut iwf part tersebut ada pasti ada tujuan baiknya, yaitu membuat kampas kopling lebih awet dan membantu penyaringan lumpur dalam oli mesin.

Dan part-part lainnya yang lebih kecil semakin punya kemungkinan tertinggal. Apalagi ketika membongkar total mesin tengah (turun mesin). Oleh karena itu para mekanik sangat dituntut untuk lebih teliti lagi, karena jika tidak akan banyak kejadian komponen tertinggal dan membuat pekerjaan tidak efisien. Dan perlu kiranya diciptakan situasi dan kondisi yang mendukung pengerjaan dilakukan dengan benar, misalnya dengan wadah-wadah yang khusus untuk komponen yang sifatnya khusus dan kecil, serta ada tabel inspeksi untuk memastikan komponen sudah terpasang dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Komentar

  1. Kalo pas ngerakit ada yg kurang sih mending, tinggal beli lagi partnya. Yang sebel emang kalo “kelebihan”, apalagi posisi mesin udah selesai kerakit.

1 Trackback / Pingback

  1. Sumber Kegalauan Mekanik Motor : "Ketinggalan" - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan