Berbagai Masalah dan Solusi Buka Mur Roda Belakang Matik

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam rangka menservis roda belakang, termasuk ganti ban dan rem belakang (tromol) mau tidak mau harus buka swingarm (bagi matik yang memiliki swingarm kanan) dan membuka roda untuk mengganti kampas rem tromol. Dan ternyata baik mekanik maupun apalagi perseorangan (DIY di rumah) mengalami kesulitan dalam membuka roda belakang tersebut. Hal ini disebabkan pemasangan roda dan mur (oleh pabrik) yang sangat kuat, plus lem loctide juga ditambah dengan karat, karena berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak pernah dibuka.

Dan ternyata kesulitan di atas kesulitan, karena kesulitannya bertumpuk-tumpuk. Setelah kesulitan membuka mur, ternyata membuka swingarm pun cukup sulit. Setelah swingarm terlepas, ternyata roda/velg pun sulit dibuka/dilepas dari as rodanya, bahkan sulit banget, sampai banyak mekanik yang putus asa sehingga harus diserahkan ke mekanik lainnya.

Nah di artikel yang pertama ini, iwf akan merangkum berbagai cara untuk membuka mur yang terpasang erat di as roda belakang. Iwf mulai dari yang paling gampang dengan alat yang paling sederhana. Berikut ini urutannya :

  1. Menggunakan impact wrench+kunci sock 24, bisa yang medel baterai, ataupun angin. Iwf katakan ini paling sederhana, karena memang cukup menggunakan satu alat ini saja. Untuk beberapa kasus impact wrench dengan kekuatan torsi 300Nm (harga 700rb-an) masih mampu membuka mur, meskipun dengan susah payah, digeber lebih dari 2 kali baru bisa. Dan untuk beberapa kasus malah tidak bisa, bahkan dengan air impact wrench bertorsi 850 Nm pun masih nggak kebuka.

  2. Menggunakan kunci sok 24 + pipa besi (pipa sok depan teleskopik motor bebek). Caranya cukup mudah bagi orang yang posturnya cukup tinggi, karena harus sambil menekan tuas rem belakang. Kalau sudah siap, tinggal tendang ke bawah, kunci sok 24 + pipa dengan menghentak. Kalau pipa besinya cukup panjang mungkin bisa ditekan dengan menggunakan kekuatan tangan.

    Jika postur kurang, tangan kurang panjang, maka ada baiknya mur rem belakang (rem tromol) dikencangkan sampai mentok, dan posisi motor dalam kondisi berdiri dengan standar samping.

  3. Menggunakan kunci sok 24 + pipa besi + ganjel (balok kayu atau kunci T). Hampir sama dengan cara di atas, hanya saja untuk mencegah roda belakang ikut berputar, maka velg ditahan dengan menggunakan balok kayu, yang perlu diperhatikan dengan menggunakan cara ini adalah penempatan balok kayunya jangan pada velg yang mana terdapat pentil, karena pentil bisa rusak.

    Atau menggunakan kunci T dengan diberi landasan serbet/lap. Untuk cara ini yang perlu diperhatikan ada;ah penempatan dudukan ujung kunci T pada mesin. Harus pada bagian yang sangat kuat, agar tidak pecah, misalnya pada baut-baut swingarm atau knalpot yang dipasang di crankcase.

  4. Gunakan kunci sok 23. Hal ini dilakukan karena mur sudah lumayan cacat, dan slip jika menggunakan kunci sok 24. Caranya adalah dengan memaksakan agar mur bisa masuk ke kunci sok 23. Karena mur sudah cacat dan aus, maka dengan sedikit pukulan palu mur yang sebenarnya berukuran 24, akan masuk ke kunci sok ukuran 23. Selanjutnya gunakan teknik seperti sebelumnya.

Nah itulah beberapa permasalahan dan juga solusi untuk membuka mur as roda belakang motor matik yang terkadang bikin gondok, sangking susahnya untuk dibuka. Oh ya untuk memudahkan pembukaan mur bisa dilakukan penyemprotan penetrant terlebih dahulu untuk menghancurkan karat-karat yang membuat drat semakin lengket. Kalau tidak ada penetrant bisa menggunakan minyak kayu putih, dan minyak kayu putih ini sangat ampuh untuk menghancurkan karat serta lem loctide yang biasanya ada di drat tersebut. Biarkan beberapa saat (3 sampai dengan 5 menit), baru kemudian mur dibuka.

Kalau nggak bisa juga yang terpaksa murnya yang dirusak, baik dengan dilas ke potongan besi baja, kemudian diputar ke kiri (membuka). Atau dengan merusak mur tersebut dengan gerinda, tantunya harus sangat hati-hati karena pisau gerinda bisa mengenai swingarm atau velg. Jika sebagian mur sudah terpapas, pasti akan sangat mudah membukanya.

 

Kira-kira itulah yang cara melepas mur dari as roda belakang motor matik yang biasanya sangat keras (belum pernah dibuka dalam waktu yang sangat lama). Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga suhu-suhu dan mekanik senior yang membaca artikel ini sudi memberikan koreksi dan masukannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

1 Trackback / Pingback

  1. Berbagai Masalah dan Solusi Buka Mur Roda Belakang Matik - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan