Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Ring Piston Aus

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kembali iwf akan menuliskan akal-akalan mekanik dalam mengatasi mesin yang ngebul asap putih, akibat adanya oli mesin yang ikut terbakar saat mesin hidup. Kali ini kondisinya silinder dan piston bagus, tidak terdapat baret yang berlebihan, dan piston juga tidak oblag. Salah satu penyebabnya adalah kondisi ring piston yang aus atau lemah dan sudah tidak sesuai lagi dengan standarnya.

Kondisi ring piston yang dapat menyebabkan mesin berasap adalah :

  • Jika ring piston dalam kondisi baru, maka yang menyebabkan oli mesin menerobos masuk ke ruang bakar adalah :
    • Pemasangan yang kurang tepat, yaitu celah piston kompresi 1, piston kompresi 2 dan piston cacing (oli) sejajar atau mendekati sejajar. Sehingga terjadi kebocoran kompresi juga menerobosnya oli masuk ke ruang bakar. Seharusnya celah piston posisinya berbeda 120 derajad (360 derajad/3), seperti yang terlihat pada gambar ini
    • Ring piston yang diginakan palsu atau kw yang berkualitas buruk, yang kurang bagus spesifikasinya. Terkadang celahnya terlalu besar, lebih besar dari 0,4 mm.
  • Jika posisi celah sudah benar, tapi masih ngebul, maka kemungkinan besar ring piston sudah aus atau sudah lemah. Sehingga daya sekatnya ke dinding silinder berkurang, dan kemampuannya dalam menyapu oli mesin di dinding silinder kurang bersih.

Cara mengatasi yang paling mudah adalah beli ring piston baru yang original, kemudian dipasang sesuai dengan cara di atas. Akan tetapi kalau dompet yang bisa diajak kompromi alias benar-benar lagi bokek, mau nggak mau harus bisa ngakalin. Ngakalin supaya ring piston yang sudah aus tetap bisa dipakai untuk sementara waktu, akan tetapi masih aman, caranya adalah dengan :

” Mengganjal ring piston “

Ada beberapa teknik yang ditawarkan untuk mengakali permasalahan ini, yaitu :

  • Mengganjal ring piston 1 dan 2 dengan potingan tipis dari kaleng soft drink
  • Mengganjal ring oli dengan satu helai kawat dari kabel kopling atau rem. Ikuti cara berikut :
    • Ambil sehelai kawat dari kabel kopling
    • Potong sepanjang kira-kira 1,5 lingkaran piston
    • Tekuk 1/4 lingkaran piston, asukkan ke lubang di got ring oli, sisanya yang panjang (1 lingkaran) diselipkan di sekeliling got tersebut.
    • Sisanya yang 1/4 lingkaran lagi tekuk dan masukkan ke lubang yang sama dengan tekungan 1/4 lingkaran sebelumnya.
    • Kemudian dari bawah piston, dengan menggunakan tang lancip tarik kedua ujung kawat tersebut dengan kuat, sehingga kawat dengan erat berada di got ring oli, kemudian lilitkan dua kawat tersebut secara bertautan dengan tang tersebut.

Selanjutnya tinggal memasang ring oli, ring piston 2 dan 1 secara benar seperti biasanya. Tentu saja cara ini hanyanya bersifat sementara dan tidak resmi serta tidak dianjurkan. Cara ini adalah cara darurat mengatasi permasalahan mesin ngebul (asap putih) selain cara-cara yang telah iwf tulis sebelumnya [artikel 1, artikel 2]. Resiko ditanggung sendiri, jika seorang mekanik melakukan hal ini, perlu dibicarakan terlebih dahulu kepada konsumen, mengenai resiko yang mungkin akan muncul. Akan tetapi jika akal-akalan ini dilakukan dengan baik dan benar, kemungkinan besar akan sukses dan minim masalah.

Oh ya jangan lupa, jika pekerjaan sudah selesai, maka pengujian dilakukan dengan menyalakan mesin tanpa menggunakan kanlpot. Hal ini dilakukan agar keluaran mesin benar-benar bisa langsung dipantau tanpa harus melalui knalpot terlebih dahulu. Karena jika melewati knalpot terlebih dahulu, ada kalanya akan tetap ada asap putih yang keluar dari knalpot, karena sebelumnya di dalam knalpot sudah mengendap banyak oli sebelum motor diperbaiki.

Semoga tips dan trik ini bermanfaat, mohon maaf kepada para mekanik senior dan ahli (suhu) jika ada kesalahan dalam penyampaiannya. Mohon masukannnya jika memang ada yang perlu diperbaiki, mohon mbah-mbah tuliskan saran dan masukannya di kolom komentar. In sya Allah akan menjadi ilmu yang bermanfaaat bagi iwf (admin motogokil) dan juga bagi permirsa motogokil semuanya.

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Sumber inspirasi : yutub

 

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Ring Piston Aus - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan