Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Silinder Baret

motogokil.com – Assalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Terkadang mekanik menghadapi konsumen yang membuat otak mekanik mumet bin pusing. Secara mekanik pabrikan, kasus tersebut harus diselesaikan dengan mengganti part (komponen) motor yang aus/rusak. Akan tetapi secara kantong konsumen, belum ada dana yang cukup untuk membeli part-part tersebut. Padahal motor harus tetap beroperasi (digunakan untuk mencari nafkah).

Salah satu kasus yang paling sering dihadapi oleh penggunan sepeda motor adalah mesin ngebul, keluar asap putih. Hal ini memiliki indikasi kuat, adanya oli mesin yang ikut terbakar dalam ruang bakar. Ada beberapa sebab mengapa oli mesin bisa masuk (rembes) ke dalam ruang bakar, salah satunya adalah karena dinding silinder sudah cacat (beset/baret). Hal ini bisa terjadi karena lama pemakaian, atau karena mesin pernah mengalami kekurangan oli (volume oli sangat kurang dari ukuran semestinya).

Cara paling gampang tapi mahal adalah mengganti semua komponen yang rusak dengan yang baru. Sedangkan cara lainnya yang lebih murah adalah dengan memapas dinding silinder (korter) ke tukang bubut. Jadi bore (diameter lubang silinder) diperbesar (oversize), pembesaran tergantung tingkat baretnya dalam atau tidak. Jika tidak maka oversize yang dilakukan cukup ringan saja, yaitu oversize 25 alias diameter membesar 0.25 mm. Akan tetapi biaya yang dibutuhkan bukan hanya untuk menkorter silinder, tapi juga mengganti piston dan ring piston yang sesuai dengan ukuran oversize 25 tersebut.

Biaya perbaikan beragam tergantung beberapa aspek yaitu :

  • Lokasi; biasanya di desa lebih murah dari pada di kota. Karena kebanyakan orang desa berpenghasilan kecil, sehingga mekanik kasihan untuk menarik biaya yang memberatkannya.
  • Bengkel; bengkel resmi biasanya lebih mahal dibandingkan bengkel umum. Akan tetapi bengkel resmi memiliki standar pengerjaan dan hasil yang terukur. Dan terkadang bengkel umum mampu menghasilkan kualitas kerja yang lebih baik, karena biasanya mekaniknya adalah mekanik senior eks bengkel resmi.
  • Skill mekanik juga kadang menentukan besarnya jasa, mekanik yang ahli dan teliti serta memiliki standar kualitas pengerjaan yang tinggi akan lebih mahal, karena waktu dan usaha yang mereka lakukan juga lebih besar. Biasanya dalam waktu yang sama ia menyelesaikan motor yang lebih sedikit, demi kualitas. Biaya jasa antara 150 ribu – 300 ribu.
  • Cara perbaikan :
    • Cara 1 : angsung ganti semua, silinder blok-piston kits (piston-ring piston, pen, cirklip), packing blok bagian bawah. Jadi ukurannya akan tetap standar alias oversize 0. Harganya sekitar 300 ribu – 400 ribu. Cara ini paling menyenangkan bagi mekanik karena paling mudah.
    • Cara 2 : dengan melakukan oversize (korter), yang meliputi
      • biaya untuk oversize 25 sekitar 50 ribu, dan naik sesuai kelipatannya.
      • ganti piston kits untuk part kw super seperti NPP sekitar 125 ribu, sedangkan yang original sekitar 145 ribu.
      • ganti packing silinder sekitar 5 ribu

(Biaya-biaya ini adalah hasil browsing per tanggal 18-01-2022, diluar biaya-biaya lain yang biasanya menyertai proses ini seperti skur klep, ganti seal klep, ganti rantai kamprat, seal tutup setelan klep dan lain-lain)

Meskipun cara ke-2 terlihat jauh lebih murah (sekitar 400 ribu -500 ribu), akan tetapi tetap saja bagi sebagian besar orang yang berada pada level ekonomi rendah mendekati miskin, ini terasa cukup berat. Oleh karena itu seringkali mekanik menghadapi permintaan untuk “MENGAKALI” agar motor tetap bisa lebih baik untuk digunakan, tanpa banyak melakukan penggantian part, bahkan kalau bisa tidak mengganti part sama sekali. Jadi biaya yang dikeluarkan konsumen hanya jasa mekanik.

Disinilah mekanik dituntut kreatif, inovatis akan tetapi juga cermat. Mampu mengakali komponen yang rusak, sekaligus faham tentang konsekuensi dari akal-akalan tersebut. Dan tentu saja semuanya harus dibicarakan secara gamblang dan terbuka kepada konsumen.

Berikut ini salah satu cara “mengakali” untuk mengatasi mesin yang ngebul, karena silinder baret. Tentu saja dengan biaya sekecil mungkin. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Bongkar mesin dulu bagian head dan silindernya. Jika mau tahu lebih rinci cara bongkar mesin motor bebek, bisa merujuk ke artikel ini. Sedangkan cara membongkar mesin motor sport bisa melihat artikel ini. Sehingga akan terlihat kondisi baretnya silinder dan piston.
  • Bersihkan silinder dengan bensin kemudian dikeringkan, begitu juga piston. Jika dianggap kondisi piston masih cukup baik, hanya beset tapi tidak sampai gumpil atau retak, maka tidak perlu diganti.
  • Lakukan penghalusan bagian yang baret dengan amplas, jika baretnya agak dalam gunakan amplas yang agak kasar terlebih dahulu, kemudian gunakan amplas yang lebih halus untuk meratakannya. Jika sudah selesai, cuci lagi dengan bensin dan keringkan dengan dijemur di bawah terik matahari.
  • Semprot bagian dalam dinding silinder yang telah diamplas sampai halus, dengan cat acrylic. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya memuaskan adalah :
    • Kondisi dindng silinder harus benar-benar bersih dari debu
    • Beli cat semprot acrylic (acrylic lacquer paint) warna clear, harganya sekitar 17 ribu sampai 25 ribu. Yang mahal juga ada harganya di atas 25 ribu bahkan sampai 160 ribu.Kemudian Kocok cat sampai benar-benar tercampur sempurna (biasanya sih ane kocok sampai lebih dari 2 menit) dengan berbagai posisi.
    • Semprotkan tipis-tipis dari jarak sekitar 30 cm, tunggu sampai kering. Kemudian diulangi lagi jika diperlukan sampai kinclong/mengkilap.
    • Penyemprotan dan penjemuran harus dalam kondisi panas matahari yang terik. Mungkin sekitar jam 11 sampai jam 1 siang.
  • Pasang kembali, dan uji dengan menyalakan mesin motor dalam keadaan knalpot tidak terpasang. Agar dapat diketahui keberhasilan tips ini.

Nah itulah tips mengatasi mesin ngebul akibat silinder baret. Tantu saja yang terbaik adalah yang mengikuti standar pabrikan yaitu dengan diganti semua (oversize 0) atau dikorter oversize 25 atau lebih. Lebih dan kurangnya mohon maaf, mohon bimbingan para suhu yang lebih ahli memberi pengarahan pada motogokil lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Referensi : yutub

1 Komentar

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Silinder Baret - Jatimotoblog
  2. Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Piston Oblag - MOTOGOKIL
  3. Tips Murah Akali Mesin Motor 4-Tak Ngebul : Ring Piston Aus - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan