Bikin Double Sok Belakang Yamaha Lexy, Murah VS Mudah

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroakatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Bagi yang pernah lihat panampakan “bejeger” nya yamaha lexy pasti langsung kaget. Ternyata motor matik yamaha ini jauh lebih gede jika dibandingkan mio atau gear. Karena pada awalnya ada anggapan bahwa motor matik yang sok belakang cuma satu, biasanya bodinya kecil, tapi tidak dengan lexy.

Nah berhubung banyak rider yamaha lexy yang doyan touring dan menghadapi kendala dengan sok belakan yang cuma satu ini, maka mereka berkeinginan untuk bikin sok belakang jadi dua, sama dengan nmax atau aerox. Dan ternyata mengoprek suspensi belakang lexy tidak sesulit yang dibayangkan. Mudah (kalau ada duit tentunya), bahkan ada beres yang mau menanganinya. Tahu kan kalau orang beres berani mengerjakannya, berarti ada jaminan mutu di dalamnya hasil pengerjaannya.

Berikut tip dan trik-nya …

Sebelum melakukan ubahan dari lexi ke aerox, mari kita lihat dulu apa perbedaan antara lexi dan aerox pada sisi kaki belakangnya, khususnya bagian swing arm dan rangka nya.

 

Perbedaan Swing Arm Yamaha Lexi – Aerox

 

Perbedaan Rangka Bagian Belakang Yamaha Lexi – Aerox

 

Jadi kalau dilihat pada swing arm dan rangka terdapat perbedaan mendasar utama yaitu :

  1. Dudukan sokcbreaker di swing arm
  2. Dudukan sockbreaker di rangka belakang
  3. Tambahan sok belakang bagian kanan

Jadi modifikasinya ada dua cara yaitu :

Murah – Yaitu dengan melakukan modifikasi sendiri:

  • bikin dudukan sok di swing arm dengan las diral (dibuat mirip dengan aerox), atau bikin pangkon yang bisa dibongkar-pasang (lihat artikel modifikasi vario-pcx)
  • bikin dudukan sok di rangka atas dengan las listrik/argon, gunakan anting-anting sok mio atau beat untuk dudukannya.
  • beli sok nmax bekas dan pasang, jangan lupa beli juga baut-mur dan bushingnya. Harga sok nmax original biasa sekitar 300 ribuan dan yang tabung bisa sampe 700 ribuan

Mudah – Serahkan semuanya pada mekanik, bisa menyedian sebagian besar partnya kemudian bawa ke bengkel. Minimal 2 part penting ini :

  • Arm Aerox harganya sekitar Rp. 270.000,- di pasar online
  • Shock Aerox std harganya sekitar Rp. 400.000,- dapat sepasang (2pcs)

Biar mekanik yang ngelasin pangkon sok atas dan part-part kecil seperti baut, busing dan lain (part no 2-8). Karena swing arm aerox yang dibeli di pasar online, biasanya kosongan tidak ada busing dan lain-lain. Pada saat pengelasan pangkon atas, jangan sampai lengah (kalau bisa ikut memperhatikan), agar hasilnya presisi.

Kalau modifikasi dilakukan di beres (bengkel resmi), maka biasanya pengelasan dilakukan di luar bengkel. Biasanya mekanik punya bengkel las langganan. Jadi pasrahkan saja semuanya pada mekanik. Biaya las dan pasang serta part-part lainnya yang butuhkan sekitar Rp. 300.000,- s/d Rp. 400.000,-.

Ada beberapa beres yang mampu memberikan layanan modifikasi seperti ini, seperti yang diberikan di bengkel JG Motor di daerah bogor. Di daerah-daerah lainnya kemungkinan juga ada, karena memang modifikasi jenis ini termasuk modifikasi ringan, sehingga tidak terlelu sulit untuk dilakukan. Bagian terpintingnya adalah pengelasan pangkon atas pada rangka yang harus presisi.

Berikut ini perkiraan harga part-part lain yang mungkin ingin beli dan pasang sendiri di rumah :

Bosh shock (part no 8) : Rp.19.000
Bearing (part no 4) : Rp.50.000
Karet seal (part no 3) : Rp.14.000
Clirclip (part no 7) : Rp.14.000
Collar (part no 5) : Rp. 18.500
Seal tutup bearing luar (part no 6) : Rp. 17.000
Anting-anting Mio/Beat : Rp. 10.000 (biasanya digunakan untuk di las ke rangkan untuk dudukan atas)
Biaya las : Rp. 30.000,- s/d Rp. 50.000,-

Jadinya kayak gini

Tentu saja setelah modifikasi seperti ini, lexi akan semakin stabil jika diberi beban lebih berat. Karena biasanya kalau touring bawaanya cukup bangak, mulai dari top box yang gede, sampai dua side box kiri kanan yang nggak kalah beratnya. Dan rider akan lebih percaya diri dengan lexi setelah modifikasi sok belakang ganda seperti ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Bikin Double Sok Belakang Yamaha Lexy, Murah VS Mudah - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan