AHM Donasikan Dana Dukung Pengembangan Vokasi di Lombok

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Untuk memastikan terciptanya SDM unggul di bidang vokasi melalui penerapan Kurikulum TBSM Astra Honda, AHM telah mengembangkan sistem monitoring terintegrasi. Sistem ini diimplementasikan secara hybrid melalui pendekatan berbasis digital dan visitasi ke SMK yang dilakukan bersama jaringan Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan dukungan penuh pada pengembangan vokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat melalui monitoring dan pemberian donasi kepada dua SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, yaitu  SMK Negeri 1 Gangga, Kab. Lombok Utara dan SMK Negeri 2 Praya Tengah, Kab. Lombok Tengah.

Dalam monitoring ini, setiap SMK melakukan asesmen mandiri terhadap beberapa point terkait sarana prasarana pendukung dan implementasi kurikulum TBSM Astra Honda. Di Pulau Lombok, AHM bersama main dealer Astra Motor NTB mengunjungi SMK Negeri 1 Gangga sebagai destinasi pertama. Sekolah yang berada di pesisir utara Pulau Lombok ini sempat terdampak bencana gempa yang menyebabkan lumpuhnya fasilitas belajar di sekolah. Dalam kunjungan, AHM memberikan donasi 1 unit motor (18/11). Selain itu, Yayasan AHM juga memberikan donasi Rp50 juta untuk membantu proses pemulihan sekolah melalui pemberian seperangkat alat praktik untuk mendukung proses belajar mengajar Kurikulum TBSM Astra Honda.

Monitoring SMK di Lombok juga dilakukan AHM ke SMK yang telah tersertifikasi sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK), yaitu SMK Negeri 2 Praya Tengah (22/11). Berlokasi di luar Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, SMK mitra binaan Astra Honda ini berhasil membuktikan bahwa SMK di daerah juga memiliki kualitas berstandar industri dan mampu unjuk gigi dalam ajang bertaraf nasional. SMK Negeri 2 Praya Tengah pun berhasil lolos dalam tahap seleksi tingkat provinsi dan terpilih menjadi wakil provinsi NTB pada gelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional. AHM memberikan apresiasi kepada SMKN 2 Praya Tengah berupa donasi 1 Unit sepeda motor Honda beserta seperangkat alat praktik TBSM Astra Honda.

Pada kunjungannya ini, AHM juga meninjau langsung fasilitas serta kegiatan belajar mengajar Kurikulum TBSM Astra Honda di masing-masing SMK. AHM juga berkesempatan menyaksikan langsung praktik Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Honda yang berlangsung di TUK, SMKN 2 Praya Tengah. General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan pihaknya berupaya memastikan terjadinya peningkatan sekaligus pemerataan kualitas implementasi kurikulum TBSM Astra Honda di semua wilayah. Standardisasi sistem monitoring dikembangkan AHM untuk meningkatkan kontribusi perusahaan di dunia vokasi sehingga terlahir alumni SMK yang punya daya saing di dunia industri.

“Dengan semangat bersinergi, kami ingin kontribusi di dunia vokasi bisa melahirkan kompetensi yang merata di semua wilayah yang ada SMK mitra binaan kami. Dukungan, monitoring program, dan apresiasi akan terus kami berikan agar SMK mitra binaan dapat bersama-sama mewujudkan link and match dunia pendidikan dan industri di Indonesia” ujar Muhib.

Program link and match pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 melalui implementasi kurikulum TBSM Astra Honda. Program pembinaan SMK ini antara lain meliputi pemberian materi ajar dalam bentuk teori, praktik, dan Praktik Kerja Industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk siswa SMK TBSM Astra Honda. Pengembangan tenaga ajar di SMK juga dilakukan melalui peningkatan dan pengayaan kompetensi guru dalam program pelatihan dan sertifikasi berstandar industri. Hingga Oktober tahun 2021, AHM telah memiliki SMK mitra binaan Astra Honda sejumlah 704 Sekolah dan 65 TUK yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK mitra binaan Astra Honda untuk mengikuti UKK dan meraih sertifikat lulus uji setara Technical Training Level 1 (TTL 1) terkait pemeliharan sepeda motor Honda.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. AHM Donasikan Dana Dukung Pengembangan Vokasi di Lombok - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan