Akal-akalan Mekanik yang Bikin Jengkel Mekanik Lainnya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semya selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Jika motor operasioanl satu-satunya ngadat bermasalah ditambah lagi dana benar-benar terbatas, maka untuk solusinya adalah akal-akalan. Yaitu suatu metode penyelesaian masalah yang bersifat sementara dengan dana seminimal mungkin, dengan tetap menggunakan komponen/part yang ada. Suatu saat jika dananya ada maka part yang rusak tersebut akan diganti.

Akan tetapi tidak semua akal-akalan menyenangkan, khususnya bagi mekanik setelahnya yang ingin menangani permasalah motor tersebut. Ada akal-akalan yang bikin mangkel, gondok bin jengkel luar biasa. Karena akal-akalan yang dilakukan mekanik sebelumnya benar-banar membuat kerjaan bertambah berat. Mau tidak diterima kasihan konsumen, mau diterima bikin kesel, serba salah.

Akal-akalan mekanik yang bikin jengkel contohnya seperti ini…

Coba bayangin seandainya motor ini dibeli oleh konsumen yang nggak ngerti mesin. Kemudian si konsumen mengeluhkan besinnya berasap tebal tanda oli masuk ruang bakar. Kemdian mekanik ingin mengganti sil klep klep atau mungkin juga ring-piston. Begitu ingin melepas kamprat …eh ngeliat akala-akalan mekanik sebelumnya kayak gini, apa nggak pengen ngamuk ?

Kalau rante kampratnya bisa dikendorin sih nggak masalah, tapi kalau kencang yang repot. Dan biasanya mekanik motor biasa nggak sedia mesin las, meskipun ada, untuk membuka gir timing butuh pekerjaan ekstra. Motong rante kamprat juga agak mustahil, karena selain cukup keras, bisa-bisa konsumen dibebani biaya beli kamprat baru. Sepertinya langkah paling mudah digerinda dengan hati-hati supaya nggak kena bagian head nya.

Adalagi akal-akalan yang juga bikin kesel mekanik, seperti yang ini

Dengan kondisi yang sama seperti kasus di atas, bisa bikin mekanik snewen. Selain susah membukanya alias nambah kerjaan, ketika mengembalikannya pun butuh pekerjaan yang sebaliknya, harus dilas lagi, karena part yang dilas pastinya cacat. Apalagi yang menyangkut part assy yang cukup penting, besar dan mahal, bisa bikin konsumen jebol kantongnya (mengeluarkan biaya yang besar).

Nah oleh sebab itu, bagi pemirsa motogokil yang kebetulan mekanik, kalau memang harus ngakalin part jangan sampai bikin jengkel mekanik lain di masa mendatang. Kalau memang sudah nggak bisa, suruh konsumen untuk beli part tersebut, atau kalau mau ngakalin yang masuk akal. Wkwkwkwkwkwk

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Akal-akalan Mekanik yang Bikin Jengkel Mekanik Lainnya | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan