Jangan Sembarangan Bawa Barang di Sepeda Motor, Ini Tipsnya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sepeda motor menjadi pilihan praktis masyarakat Indonesia, apalagi jika berkendara dalam jarak dekat, seperti rutinitas mengantar anak sekolah, berolahraga, belanja ke pasar, dan ke tempat kerja. Rutinitas tersebut tidak lepas dari membawa barang dan penumpang, sehingga kita tetap perlu memperhatikan faktor keselamatan.

Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengungkapkan :

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) akan memberikan tips berkendara, pada saat pengendara harus membawa barang,”

Ketika berkendara membawa barang bawaan, pengendara perlu memastikan kondisi motor harus dalam keadaan baik, dan perlu mengatur barang bawaan dengan di posisi yang tepat, agar tidak mengganggu pengendara dan orang lain. Yamaha Riding Academy (YRA) akan membagikan 8 (delapan) tips berkendara, mulai dari proses penempatan hingga membawa barang, berikut diantaranya :

  1. Pada saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.
  2. Siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser karena dapat mengganggu keseimbangan.
  3. Disarakan dimensi barang tidak melebihi lebar dari stang motor, dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.
  4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.
  5. Untuk motor matic, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh dibawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara.
  6. Jika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas yang aman agar tindak mengganggu fleksibilitas pengendara.
  7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload)
  8. Jika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali, atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar.

Selain pengetahuan akan keselamatan berkendara, pengendara juga wajib untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Maka gunakan selalu perlengkapan berkendara yang sesuai dengan peraturan, untuk perlindungan diri lebih maksimal saat berkendara dan orang lain di sekitar. Ternyata nggak sembarangan ya saat membawa barang dengan menggunakan sepeda motor, apalagi kalau barang ini ukurannya oversize.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Jangan Sembarangan Bawa Barang di Sepeda Motor, Ini Tipsnya | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan