Pelumas Rantai Cerdas, Mengurangi Kerugian Power

motogokil.com –  Assalamu’alaiakum warochmatullohi wabaroaktuh, semoga kita semua selamat di perjalanan samapi ke tujuan.

Seorang rider motor sport atau bebek sudah selayaknya memahami urusan rantai motor. Karena itu merupakan suatu keahlian dasar, yang bahkan oleh pabrikan selalu diberikan edukasinya di manual pengguna. Hal ini terkait dengan bagaimana memperlakukan rantai motor agar tetap awet digunakan dan tetap bisa bekerja optimal di rentang waktu tertentu.

Kemampuan penanganan rantai dasar biasanya terdiri dari dua hal penting yaitu mengencangkan rantai sesuai dengan aturan tertentu, serta pelumasan. Akan tetapi yang sering terjadi justru sebaliknya, rider abai (atau salah urus) terhadap pemeliharaan rantai tersebut, sehingga rantai kurang pelumasan dan terlalu kendur. Akibatnya sering kita dengar suara rantai yang terlalu berisik dari sebuah motor, dan mungkin juga milik kita sendiri.

Selain berisik rantau yang kendur dan kering akan memberikan kerugian daya yang berlebihan. Karena memang fungsi rantai adalah mentransfer daya dari mesin ke roda belakang. kendurnya rantai akan memberikan respon yang terlambat, sehingga bukaan throttle harus sedikit lebih tinggi dari yang seharusnya. Sedangkan keringnya rantai mengakibatkan kerugian daya akibat kesekan antara rantai dengan gir maupun dengan bangian rantai dalam untaiannya.

Untuk pelumasan rantai yang optimal, sebenarnya ada suatu alat yang sangat bisa diandalkan, karena memiliki kemampuan melumasi rantai berdasarkan penggunaannya. Bahkan alat ini berbasis AI dalam kerjanya, sehingga ia dapat meumasi rantai sesuai kebutuhan, tidak kekurangan sehingga rantai aus dan tidak kelebihan sehingga memercik ke berbagai tempat dibelakangnya, termasuk ke velg dan ban belakang.

Alat ini akan bekerja ketika motor sudah berjalan atau mesin sudah hidup, dengan merasakan adanya getaran. Dari sensor getaran yang ada didalamnya ia akan memberikan prosesor untuk mengizikan pelumas keluar selama setengah menit, dalam periode 3 menit. Dengan demikian selama reservoir pelumas masih terisi, rantai tidak akan pernah kekeringan dan kekurangan pelumasan.

Alat ini menggunakan pelumas sintetis dengan SAE 190. Sehingga tidak akan pernah akibat perputaran rantai menyebabkan percikan pada pelumas tersebut baik ke velg, ban atau bagian lainnya. Selain akan mengotori bagian-bagian tersebut, percikan ini akan mengurangi pelumasan, karena pelumas akan terbuang akibat gaya sentrifugal pada rantai di sekitar gir belakang.

Alat ini memerlukan suplay daya dari aki, dan memiliki dua saluran oli. Saluran pertama dari reservoir ke alat. Sedangkan saluran kedua dari alat ke rantai. Berikut penamlakan alat peluamsan (oiler) rantai dan pemasangannya di motor.

 

Pemasangan alat oiler

Oiler Rantai Cerdas

Alat pelumasan rantai ini dikatakn cerdas karena memiliki kemampuan sebagai berikut :

  • Mengetahui kapan ia harus mengeluarkan pelumas dan kapan harus meningkatkan dan mengurangi debit pelumasan berdasarkan getaran yang ia rasakannya.
  • Mampu meningkatkan debit pelumasan 1% hingga 10% dari setingan standarnya.
  • Mampu merasakan suhu lingkungan, dan akan mengurangi atau meningkatkan debit pelumas pada batasan suhu tertentu.
  • Mampu di-setting untuk keluar dengan debit 2 kali lipat atau 3 kali lipat untuk kegunaan balapan.

Kebayangkan susah prinsip kerja dari alat ini. Paling tidak ia melibatkan 2 snesor, 1 mikroprosesor/mikrokontroler dan 1 aktuator. 2 sensor tersebit adalah sensor getaran dan sensor suhu. Sedangkan mikrokontroler akan berkerja berdasarkan input dari 2 sensor tersebut untuk memberikan sinyal yang dapat memerintahkan aktuator untuk mengeluarkan oli pelumas dengan debit yang dibutuhkan. Kemudian ada perangkan input yang bisa digunakan oleh pengguna untuk men-setting alat secara manual untuk keperluan balap. Maka dari itu wajar jika dikatakan alat pelumas rantai ini cukup cerdas dalam melakukan tugasnya.

Akhirnya dengan pelumasan yang baik umur rantai akan lebih lama. Performa rantai dalam menyalurkan daya ke roda belakang akan tetap optimal dengan kerugian yang ditekan sekecil-kecilnya. Dan oli pelumas rantai tidak berlebihan sehingga tidak menyiprat mengotori sekitarnya, termasuk bodi dan roda belakang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

1 Trackback / Pingback

  1. Pelumas Rantai Cerdas, Mengurangi Kerugian Power | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan