Restorasi Motor Impian “Shogun 125 FL”

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selalu selamat, sehat dan bahagia di manapun kita berada.

Dulu sekitar tahun 2008, iwf lagi hunting motor operasional untuk transportasi sehari-hari mau sedikit naik spek dari honda supra 125. Ada beberapa kandidat yaitu honda suprax 125 double disc, suzuki shogun 125 fl dan yamaha jupiter mx 135. Paling keren sih kalau buat ane ya jupiter mx, tapi kerena pilihan fungsinya jatuh pilihan ke shogun. Akan tetapi karena nyonyah fbh, akhirnya pilihan jatuh ke suprax 125, gagal deh mewujudkan impian.

Nah tahun ini, 13 tahun kemudian impian baru terwujud. Dapat dah suzuki shogun 125 fl dengan harga yang lumayan murah, bahkan jauh lebih murah ketimbang merek lainnya yang sekelas. Tapi sayang, karena kurang teliti, ternyata banyak yang perlu dibenahi, paling kentara sih bodi dan kelistrikan. Mari kita mulai membahasnya…

Bagi yang ingin meminang motor lawas, jangan terbuai dengan kata-kata penjual. Jangan jga khilaf, karena sangat mengharapkan motor tersebut segera dimiliki. Periksa yang teliti sebelum membeli motor bekas, supaya tidak kecewa di kemudian hari. Mengenai tips membeli motor bekas, nanti iwf bahas di artikel lainnya. Yang paling penting untuk dipenuhi dalam memilih motor bekas ialah :

  • Surat-surat lengkap sesuai dengan nomor body dan mesin.
  • Mesinnya cukup sehat tidak negbul dan tidak rembes olinya.
  • Bagian-bagian yang penting seperti kelistrikan, roda dan suspensi berfungsi normal

Baru kemudian memeriksa dengan detil saat motor sampai di rumah, dan ditemukanlah beberapa hal yang memang nggak masalah secara fungsi, akan tetapi nggak enak dilihat dan dirasakan.

Pertama-tama lihat bagian yang tampak, ada beberapa crack di bodi, sepertinya bekas ambruk di parkiran. Kemudian perhatin berlanjut ke bagian bodi yang bergetar dan bergoyang, saat motor berjalan menghasilkna bunyi-bunyi yang bikin kuping nggak enak. Dari sini aka diketahui ada berapa baut yang hilang, ada berapa bagian kupingan bodi yang patah.

Selanjutnya ke bagian lainnya yaitu lampu-lampu depan dan masih ok, hanya reflektornya saja kelihatan sudah ada yang ngelotok. Lampu sign (sen) kanan kiri, depan belakang) semuanya berfungsi normal. Ternyata lampu stop belakang selain mikanya nggak ada, juga mati, kebetulan shogun 125 fl lampu belakangnya sudah mengaplikasikan LED, jadi yang lumayan susah menggantinya.

Akhirnya beli lampu belakang seken (bekas) di comboran (pasar loak motor-mobil) di malang, lumayan dapat harga agak murah 140 ribu

Bagian lain yang tampak dari luar adalah roda dan suspensi. Suspensi depan dan belakang untuk sementara berfungsi normal tidak ada masalah. Pada roda bagian depan, meskipun berfungsi normal, akan tetapi tampaknya kalipernya tidak original.

Dan ini menjadi salah satu yang akan iwf ganti supaya tambah ganteng, akhirnya dapatlah rem depan satu set copotan satria fu, luamayan murah cuma 190 ribu.

Cakram belakang terlihat sudah aus kemakan, tapi masih ok lah untuk sementara, nyari copotan yang original belum dapat, ya sudah biarin aja dulu.

Masuk kebagian lebih dalam dengan membukan cover bodi semuanya. Baru deh terlihat beberapa cacat dan kerusakan yang tidak terlihat dari luar. Ada yang bisa diakali seperti kupingan-kupingan pengunci bodi yang patah, nanti akan iwf modifikasi dengan beberapa tips dan trik. Ada juga yang harus beli seperti kabel body, meskipun berfungsi normal, tapi nggak enak dilihat dengan sambungan-sambungannya yang tidak aman, karena tanpa soket.

Selain itu juga ada yang mau iwf ganti yaitu kunci kontak, sepertinya bukan kunci kontak shogun 125 fl, akan tetapi kunci kontaknya suzuki smash yang memang dudukan bautnya sama persis.

Sebenenrnya nggak masalah sih nggak diganti, tapi nggak enak aja melihatnya. Cari part ini lumayan susah, karena memang part ini jarang rusak, akhrnya dapat di toko sparepart di kotalama dengan harga yang lumanya mahal sekitar 215 ribu. Maklum untuk kunci kontak karena bagian ini cukup penting, pilih part yang original.

Untuk sementara tahapan restorasi baru sampai inventarisir bagian-bagian yang akan diganti. Hal ini demi meningkatkan kegantengan suzuki shogun 125 fl ini. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Restorasi Motor Impian "Shogun 125 FL" | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan