Gerloff : Yamaha M1 di Trek Kering Lebih Kaku, di Trek Basah Mirip Superbike

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selalu sehat, selamat dan bahagia di manapun kita berada.

Absennya franco morbidelli asca opersai selama 8 minggu, menjadikan tim Petronas Yamaha SRT mencari pembalap pengganti untuk tetap mendapatkan poin tim. Dan pilihan jatuh pada pembalap superbike gerratt gerloff dari amerika. Dan tentu saja dengan motor prototipr yang sangat jauh berbeda dari motor superbike, ia harus secepat mungkin beradaptasi agar dapat mengoptimalkan performanya di atas motor yamaha m1 yang biasa digunakan morbidelli.

Sebagai seorang pembalap yang biasa menunggangi motor superbike, ia menyatakan :

” Secara pribadi saya merasa lebih baik membalap di lintasan basah, karena akan terasa lebih alami (baginya di atas motor yamaha m1) dan rasanya sangat mirip dengan SBK karena sensasinya serupa .”

“Dalam kondisi kering yamaha m1 terasa lebih kaku dan akibatnya saya harus agresif. Dan Hari ini saya mencoba mempelajari trek dengan cepat kemudian memahami yamaha m1 ini.”

Gerloff sempat terjatuh saat mencoba mate braking di tikungan ke-7, saat ia memasuki tikungan dengan cepat. Dan menurutnya crash tersebut adalah kesalahannya sendiri, dan dapat dijadikan bagian dalam proses memahami motor m1-nya. Karena rangkanya lebih kaku sehingga ia harus lebih banyak bergerak dan menikung dengan kemiringan yang lebih tajam.

Sehingga untuk mendapatkan pemahaman pada trek dan motor, gerloff membutuhkan banyak lap, khususnya untuk lintasan basah. Karena ia akan dapat membandingkannya dengan lebih konprehensih dengan beberapa motor yamaha yang pernah ia kendarai. Sebelumnya di valencia ia mengendari motor yamaha yang dipakai valentino rossi, di mana saat itu cuaca hujan.

Memang balapan di wsbk (superbike) dan motogp perbedaannya sangat jauh. Mengngat di wsbk yang digunakan adalah motor jalanan yang di-tuneup, sedangkan motogp motor yang digunakan adalah motor prototipe dengan performa yang lebih tinggi dibandingkan superbike. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan performa sangat diperhatikan, meskipun sangat kecil kontribusinya. Sehingga meskipun sama-sama yamaha akan tetapi mengendari yamaha m1 (prototipe) tidak semudah mengendarai yamaha r1.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Gerloff : Yamaha M1 di Trek Kering Lebih Kaku, di Trek Basah Mirip Superbike | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan