Kolaborasi Honda Jatim dan Satlantas Polres Gresik Adakan Edukasi Safety Riding di UMG

mtogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kaum remaja dan pemuda adalah harapan penerus pembangunan negara. Akan tetapi banyak di antara mereka yang mati sia-sia karena kecelakaan di jalan raya. Faktor utanya ternyata adalah karena manusia, artinya penyebab utama kecelakaan adalah karena kurangnya ketrampilan, manajemen emosi, pemahaman kondisi jalan pada pengendara itu sendiri. Hal ini sangat disayangkan, karena mereka adalah salah satu aset keberhasilan pembangunan Indonesia di masa mendatang, dan kecelakaan seperti dapat dihindari salah satunya dengan pelatihan untuk meningkatkan kualitas mengendar.

Terkait dengan peningkatan skill pengendari di kalangan remaja dan pemuda, PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim ) bersama Satlantas Polres Gresik menggelar safety riding kepada jajaran akademisi Universitas Muhamadiyah Gresik, hari jum’at kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berkendaraan yang baik dan benar di jalan raya yang diikuti oleh 30 dosen dan pegawai Universitas Muhammadiyah Gresik yang kebanyakan adalah wanita. Harapannya para dosen dapat menerapkan ilmu dan praktek safety riding dan menularkannya pada mahasiswa, yang didominasi oleh remaja dan pemuda.

Pada edukasi kali ini disampaikan beberapa hal penting yaitu :

  • Kenyamanan berkendaraan di jalan raya. Yang dapat meningkatkan kenyaman berkedara adalah beberapa hal berikut :
    • Memeriksa kendaraan, mulai dari perlengkapan berkendara, sampai dengan kondisi motornya seperti pengecekan tekanan ban, lampu, bahan bakar dan kelengkapan surat-surat kendaraan. Hari Setiawan selaku Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, mengatakan :

      “Setelah itu, pengendara motor bisa melaksanakan perjalanan di jalan raya dengan nyaman dan tenang.”

  • Mengetahui dan bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada motornya (khususnya honda). Karena motor honda sudah dilengkapi dengan fitur keamanan untuk pengendara seperti stand samping dan juga fitur ABS.

Sosialisasi safety riding tersebut melibatkan jajaran Satlantas Polres Gresik yang diwakili Kanit Dikyasa Iptu Sri Maryani, sehingga peserta dapat menambah pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas, surat-surat kendaraan dan tata cara mendapat jaminan kecelakaan dari jasa raharja. Drs Hasan Basri selaku Wakil Rektor III UMG menyampaikan rasa gembiranya :

“Kami sangat berterimakasih adanya sosialisasi safety riding ini. Sangat bermanfaat sehingga, para dosen dan pegawai bisa mendapat ilmu berkendara yang aman, nyaman dan tenang di jalan raya,”

Safety riding memang harus terus digaungkan, khususnya di tengah-tengah kaum terpelajar, karena mereka adalah pemuda harpan bangsa. Jika mereka selamat jiwa, pikiran dan akhlaqnya, maka akan selamat pula bangsa ini kedepannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Kolaborasi Honda Jatim dan Satlantas Polres Gresik Adakan Edukasi Safety Riding di UMG | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan