Ganti Silinder dan Piston Bebek dengan Sport, Awas Ini Bisa Terjadi !

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochamtullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Untuk tujuan efisiensi, banyak pabrikan menggunakan mesin/engine yang sepertinya “sama” untuk beberapa model motornya, termasuk honda dan yamaha. Honda menggunakan mesin yang sama pada supra gtr150, sonic 150, cb150r dan cbr150r. Begitu pula dengan yamaha dengan mx king, vixion, xsr 155, wr155 dan r15 v3.

Dan karena ke-“sama” annya terkadang ada pemilik motor bebek yang mencoba mengaplikasikan sebagain dari engine motor sport, dengan harapan performanya juga akan sama atau paling tidak mirip performa motor sport. Akan tetapi ternyata mereka tidak benar-benar sama, dalam spesifikasi bisa dilihat mereka kadang berbeda dalam rasio kompresi dan lain-lain. Akibatnya ketika misalnya sebuah motor bebek mengaplikasikan silinder+piston motor sport tanpa perhitungan yang matang, maka yang terjadi bukan kenaikan power, akan tetapi justru kerusakan mesin. Seperti yang tampak dalam gambar berikut…

KLEP BENGKOK – KUBAH HEAD RUSAK

PISTON JEBOL

Dipastikan telah terjadi tumbukan antara piston dan klep yang cukup parah. Dan ada satu atau dua klep yang patah, dan payung klep tersebut terkocok di dalam ruang bakar. Karena payung klep cukup keras, maka ia merusak semua yang ada di ruang bakar, termasuk piston, payung klep lainnya, dinding silinder, kubah ruang bakar dan busi. Beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kerusakan seperti ini adalah :

  1. Salah menempatkan posisi top (TMA) sehigga saat piston bergerak ke atas bertubrukan dengan gerakan klep yang membuka.
  2. Rantai timing (kamprat) terlalu kendor, sehingga terjadi loncatan gigi timing, yang menyebabkan waktu buka klep dani naiknya piston tidak singkron.
  3. Terjadi kesalahan dalam memilih part, jika piston lebih tinggi maka ia ada kemungkinan bertabrakan dengan klep, walaupun timingnya tepat.

Oleh karena itu sebelum mengganti silinder dan piston, patikan ketinggiannya sama dengan piston dan silinder standar. Sehingga kejadian seperti ini bisa diminimalisir.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Ganti Silinder dan Piston Bebek dengan Sport, Awas Ini Bisa Terjadi ! | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan