Intip Jeroan Mesin New GSX S1000

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senatiasa menganugerahi kita semua kesehatan dan keselamatan di manapun kita berada.

Salah satu yang diunggula pada generasi terbaru dari suzuki gsx s1000 adalah engine/mesin yang sudah memenuhi standar euro 5. Standar emisi euro 5 ini sangatlah berat untuk dicapai oleh sebuah motor sport sekelas superbike atau yang lebih tinggi. Pasalnya disain awal dari motor ini adalah untuk memenuhi hasrat konsumennya yang ingin kencang, otomatis emisinya besar, dan ini sangat bertentangan dengan standar emisi yang emakin ketat.

Akibatnya para insinyur berpikir keras, bagaimana bisa menghasilkan performa yang optimal, power besar, motor kencang, akan tetapi emisi yang dihasilkan oleh mesin nya kecil, bahkan sekecil mungkin. Dan pembangunan engine baru seperti itulah yang dilakukan semua pabrikan yang ingin menjual motornya di eropa, termasuk suzuki. Dan suzuki telah sukses melakukannya pada gsx s1000 ini, yaitu dengan cara :

  • Menekan kerugian-kerugian yang mengiringi proses pembangkitan tenaga. Biasanya sumber kerugian adalah kerugian gesek antara komponen yang bergerak, seperti piston-dinding silinder, camshaft-klep dan lain-lain.
  • Mengurangi kerugian di bagian transmisi
  • Mengurangi emisi gas buang dengan mempekecil overlap, untuk memperkecil lolosnya pembakaran yang tidak sempurna ke knalpot. Sekaligus juga menggeser power puncak ke putaran mesin yang lebih rendah.
  • Menekan emisi yang keluar dengan catalitic converter pada knalpotnya, sehingga pembuangan gas hasil pembakaran mengandung emisi gas beracun yang jauh lebih kecil.
  • Merancang pembakaran mesin seefisien mungkin, bahkan kalau bisa dengan bahan bakar sesedikit mungkin.

Nah berikut ini iwf coba tampilkan beberapa gambar jeroan mesin gsx s1000 yang baru saja rilis hari ini.

Camshaft/Noken As

 

Gearbox/Gigi Transmisi

Assist-Slipper Clutch/Kopling

 

Intake/Saluran Masuk Udara

Exhaust System/Knalpot

Menurut iwf 5 bagian di ataslah yang dioprek oleh para insinyur suzuki, agar gsx s1000 dapat lolos standarisari emisi euro 5, tanpa harus kehilangan performanya, bahkan tambah powernya. Mulai dari proses masuknya campuran udara+bahan bakar yang pas, manajemen di ruang bakar yang powerful, pentransmisian yang efisien dan optimasi yang tinggi pada penurunan emisi di ruang bakar oleh disain cat-con yang terbaik.

Sepertinya engine/mesin motor 4-tak secara umum ya gitu-gitu saja, mirip-mirip dengan motor lainnya. Yang membedakan adalah detilnya dan kecanggihan alat bantu kontrol elektronik yang diaplikasikannya. Itu yang akan memberikan pengaruh pada besarnya power dan rendahnya emisi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan