Apakah Kekuatan Velg Suzuki GSX-R 125 Lebih Lemah dari GSX-R 150 ?

Assalamu’alaiku wa rochmatullohi wa bartokatuh
Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tersiar kabar dari luar negeri sana, bahwa terjadi kerusakan yang cukup banyak pada velg roda depan suzuki gsx-r 125. Kejadian ini terlihat saat diadakan acara Freetech Endurance di Whilton Mill [artikel]. Bahkan kejadian ini juga dialami oleh tim Factory Suzuki Racing di race-2, yang terpaksa harus mengganti velg nya di garasi pitstop, karena race belum selesai.

Berikut ini penampakan beberapa velg yang retak dan patah pada acara tersebut…

Sebenernya bagi IWF (Iwan Fadil admin motogokil.com) hal ini terasa aneh, karena banyak lejadian tabrakan/kecelakaan yang dialami rider gsx-r 150 di Indonesia, tidak sampai membuat velg depan retak apalagi sampai patah. Padahal tabrakan yang dialaminya termasuk berat, sampai membengkokkan garpu (suspensi depan), dan tidak terlihat pada spoke nya. Beikut ini beberapa gambar gsx-r 150 yang kecelakaan di Indoensia.

Dari gambar-gambar di atas terlihat bahwa tumbukan saat tabrakan cukup keras. Dibuktikan dengan bengkoknya suspensi depan. Akan tetapi tidak terlihat jari-jari velg depan yang patah. Kalau retak sih nggak tahu juga, karena nggak kelihatan, dan kebanyakan mereka yang tabrakan tidak membicarakan kerusakan velg depannya. Yang merekan tanyak biasanya adalah mengenai cara mengatasi kerusakan pada suspensi depan, cover body, lampu depan, radiator dan lain-lain akibat tabrakan. Hal ini menurut iwf, mengindikasikan tidak ada masalah dengan velg roda depan.

Jika benar bahwa velg depan suzuki gsx-r 150 tidak banyak yang rusak akibat tabrakan, sedangkan velg depan suzuki gsx-r 125 retak dan patah hanya digunakan untuk balap endurance, hal ini terdengar saat aneh. Karena momentum tumbukan akibat tabrakan menurut iwf jauh lebih merusak, ketimbang melawan momen puntir saat roda depan di rem dalam kecepan tinggi. Harusnya jika velg tersebut sama persis vendor dan kualitas, maka velg roda depan suzuki gsx-r 150 di Indonesia yang mengalami kecelakaan kondisinya sudah pecah dan protol jari-jarinya. Seperti yang tampak pada motor ini.

Kira-kira kenapa ya velg depan gsx-r 125 di luar negeri terlihat ringkih sementara velg gsx-r 150 yang di Indonesia terlihat lebih tangguh ? Mohon masukannya juragan…

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan