ganti-oli-bloger

Awal yang Bagus bagi Yamaha, Vinales Juarai MotoGP Qatar

Diposting pada

 

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dibayangi awan gelap pandemi covid-19, yang saat ini memasuki gelombang ke-3 di eropa, pagelaran motogp tetap digelar di qatar malam senin kemarin. Kemungkinan karena semakin mantabnya sistem kesehatan dan vaksin yang meningkatkan kepercayaan diri panitia untuk tetap menyelenggarakannya. Apalagi pencinta motogp di seluruh dunia tetap antusian menunggu untuk menonton pagelaran ini sampai selesai.

Dan cerita yang sangat menggembirakan kubu yamaha setelah menjuarai motogp qatar malam itu. Karena memang dulu yamaha merupakan rajanya sirkuit ini dimana tahun 2015-2017 yamaha menjuarainya, satu diantaranya oleh maveric vinales (mv12) pada tahun 2017. Momen motogp qatar ini seorah ingin mengembalikan kejayaan tersebut.

Meskipun demikian, performa vinales dengan yamaha m1-nya cukup mencengangkan. Pasalnya ducati yang sudah biasa menjuarai motogp qatar (2018-2019) sedang dalam kondisi yang sangat bagus. Dengan topspeed yang paling tinggi membuatnya sulit dikalahkan di sikuit ini. Jadi hasil motogp qatar kemarin merupakan cerita bahagia bagi yamaha dan duka bagi ducati (meskipun mendapatkan posisi 2 dan 3).

Karena memang saat race topspeed motor yamaha m1 vinales tidak terlalu jauh dibandingkan dengan ducati zarco maupun bagnaia. Tercatat yamaha m1 vinales memiliki topspeed 343.9 kph (lap-5). Sedangkan ducati zarco dan bagnaia topspeednya 348.4 kph (lap-17) dan 347.2 (lap-21).

Dan kekurangan topspeed tersebut ditutupi oleh vinales dengan kecepatannya di tikungan. Dan keunggulan inilah yang menjadikan ia mampu mengungguli pembalap-pembalapa ducati. Hal ini persis seperti yang ia katakan :

“Saya bisa berbelok dengan kecepatan tinggi dan ini memberi saya kesempatan,”

Dan ini merupakan awal yang sangat baik bagi yamaha. Barangkali kedepannya adalah mengoptimalkan team mate nya yaitu quartararo untuk ikut di posisi terdepan. Klasemen sementara

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh