YAMAHA JATIM BERBAGI TIPS KESELAMATAN BERKENDARA UNTUK PELAJAR SMK 

ganti-oli-bloger

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kecelakaan banyak dialami oleh pengedara sepda motor, dan sebahagian besar dialami oleh remaja, khususnya yang masih dalam jenjang pendidikan smu-smk. Apalagi saat musim hujan, yang mana jalannya banyak yang menjadi licin dan jalan berlubang yang kadang tertutup air. Oleh karena itu sangat perlu untuk dipresiasi apa yang dilakukan oleh Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha Jatim yang telah menggelar kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara secara langsung ke pelajar SMK Brantas Sumber Pucung Kabupaten Malang, Jumat 19 Februari 2021.

Aktivitas ini di pandu oleh jajaran Defensive Riding Course (DRC) Polresta Malang dalam memberikan edukasi kepada 34 peserta tentang tips keselamatan berkendara di jalan raya. William Saputra selaku Manajer Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim mengatakan :

“Sosialisasi keselamatan berkendara ini, bertujuan untuk membangun edukasi berkendara yang benar di jalan raya, sejak dini. Sehingga anak usia remaja sudah memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan demi keselamatan berkendara”.

Sosialisasi dibuka dengan memberikan materi edukasi peraturan lalu lintas oleh Bu Tulis Dityasa selaku perwakilan dari Polres Malang dengan menjelaskan arti rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berkendara, serta perlengkapan apa yang harus digunakan ketika hendak mengendarai sepeda motor. Dalam kesempatan tersebut Bu Tulis emyampaikan :

“Jadi kami buat pemahaman teori terlebih dahulu supaya siswa siswi paham akan rambu-rambu lalu lintas dan peraturan yang dibuat demi keamanan bersama para pengguna jalan” .

Selanjutnya tim DRC polres malang memberikan materi pembelajaran tentang defensive riding yakni dengan mengajarkan cara pandang pengendara dalam berkendara. Pengendara harus mampu menguasai kendaraan dan memahami situasi saat berkendara. Materi ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga dapat memperkecil resiko cidera berat apabila terjadi.

Demi pembelajaran yang menyenangkan dan terhindar dari kebosanan, maka Yamaha Jatim juga mengadakan sesi praktek berkendara berupa simulasi ujian SIM yang dicontohkan oleh ahli. Terkait dengan hal ini William Saputra juga menyampaikan :

“Sesi ini menjadi sesi paling menarik karena siswa siswi akan ditunjukan secara langsung simulasi ujian SIM, supaya nanti saat sudah siap untuk memiliki SIM, mereka sudah paham akan cara keselamatan berkendara dan lulus ujian praktek”.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pembagian merchandise kepada seluruh peserta berupa t-shirt Yamaha, masker Yamaha, jas hujan dari polres Malang dan minyak rem dari Prestone.  Ditengah masa pandemi, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim) ingin tetap mengoptimalkan aktivitas edukasi mengenai keselamatan berkendara secara langsung supaya generasi muda benar-benar dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan baik serta memiliki experience tersendiri ketika menerima pembelajaran secara langsung. Pastinya tetap mengikuti protokol kesehatan dengan ketat, menurut pemaparan William Saputra.

Kegiatan ini sangatlah bermanfaat, untuk turut serta menekan angka kecelakan yang sangat merugikan. Oleh karena itu kegiatan yang seperti ini harus terus dilagalakkan dan diperluas ke seluruh penjuru tanah air. Karena masih banyak pengendara motor, khususnya remaja yang masih belum memahami, menyadari dan menjalankan praktek safety riding saat berkendara di jalan umum. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan