AHM Rilis CBR150R Versi 2021. Apa Perbedaan Signifikan dengan Versi 2020 ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Salam sejahtera bagi kita semua, semoga kita semua selamay dari marabahaya dan juga wabah penyakit di manapun kita berada, aamiin.

Dua minggu yang lalu, AHM merilis motpr sport terbarunya di kelas 150 versi full fairing, yaitu cbr150r. Dari penampakan secara siluet sih hampir sama, akan tetapi jika diamati lebih detil, maka akan tampak cukup banyak perbedaannya. Yang palin kentara sih pada bagian headlamp dan suspensi depannya.

Ayo kita amati perbedaanya dengan lebih detil dengan gambar berikut…

Perbedaan yang terkait dengan fairing bagian depan dan samping adalah :

Poin 1 : Windshield terlihat tinggi bentuk kurvanya

Poin 2 : Lampu alis di atas headlamp, sepertinya disini pula posisi lampu seinnya, seperti kakanya honda cbr250rr.

Poin 3 : Bentuk dan posisi headlamp berubah total, versi 2021 mengadopsi bentuk headlamp honda cbr250rr.

Poin 7 : Fairing samping yang terkesan 3d dengan aksen mirip ingsan ikan hiu, bentuk ini sudah diterapkan di banyak model motor sport full fairing yang lebih besar, untuk jalur pelepasan panas dari mesin dan radiator.

Poin 10 : Fairing bagian tengah, di atas undercowl lebih tertutup, sehingga tidak menuntukkan bentuk saluran-saluranĀ  cairan pendingin dari mesin ke radiator.

Kemudian masih pada bagian depan yang memperlihatkan perubahan penampakan yang sangat signifikan adalah bagian roda depan, yaitu :

Poin 4 : Spakbor depan pasti berubah, karena dudukannya mengikuti perubahan bentuk bottom dari upside-down yang kini diaplikasikan di cbr150r versi 2021 ini.

Poin 5 : Tentu saja tabung suspensi depan yang sudah engadopsi tipe upside-down (inverted fork) memberikan tampilan yang sangat mencolonk, jauh lebih keren dibandingkan tipe 2020.

Poin 5 : Bagian bottom upside-down, merupakan bagian yang sangat keren untuk diperhatikan. Karena konstruksinya benar-benar menunjukkan aura racing.

Di bagian tengah juga ada sedikit perubahan (menurut iwf), yaitu pada poin 8. Tampak bahwa kondom tanki bensinnya memiliki lekukan yang lebih agresif. Lebih tinggi dan cukup memberikan bantuan bagi lutut untuk menggantung saat menikung/rebah dengan sudut yang cukup kestrim.

Di bagian belakang yaitu pada poin 9, iwf hanya melihat bahwa fairing bagian belakan sekitar jog boncenger, agak sedikit lebih gemuk dan berubah bentuknya. Dan tentu saja ada bagian yang tidak terlihat pada gambar di atas, yang juga memberikan perbedaan yang lumayan mencolok yaitu bentuk stoplampnya. Pada versi 2021 ini, bentuk stoplampnya dibuat mirip dengan cbr250rr, lihat penampakannya.

Jadi secara penampilan, memang honda cbr150r versi 2021 ini memang lebih racy dan lebih berotot. Intinya lebih kerenlah dibandingkan versi 2020 dan ini yang merupakan salah satu poin daya tarik bagi konsumen untuk meminangnya. Lalu bagaimana dengan performanya ? Kita lanjutkan di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan