Klep Unik Pada Pre-Chamber Honda CBR 1000 RR, Seperti Apa Tuh ?

Asslamu’alaikum wa rochmatullhi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kit semua dari penularan wabah covidĀ  dan juga penyakit lainnya. Serta menyelamatkan kita di perjalanan dari berbagai mara bahaya sampai ke tujuan dengan aman sentausa, aamiin.

Pada artikel sebelumnya iwf telah menginfokan mengenai rencana honda untuk menerapkan pre-chamber pada honda cbr 1000 rr fireblade nya (mugnkin tahun 2021). Yang mana teknologi f1 ini disematkan untuk tujuan pemenuhan standar pembatassan emisi yang lebih ketat lagi. Akan tetapi dengan tetap menjaga performa yang tinggi, kan aneh kalau motor sport (superbike) lemot.

Seperti yang tampak pada gambar judul di atas, terpat part tambahan yang unik pada pre-chamber cbr 1000 rr ini. Dan part ini memanjang sampai ke ruang rantai kamprat (timing chain). Mari dilihat sebenarnya apa benda ini dan apa pula gunanya bagi pre chamber…

Pada dasarnya prinsip pre-chamber adalah menkonsentrasikan sejumlah kecil campuran yang kaya di dekat elektroda besi. Sehingga dengan sedikit api saja mampu meledakkan bagian tersebut, yang nanti ledakannya akan disebar ke seluruh ruang bakar. Akan tetapi pre chamber juga membutuhkan pembilasan, agar sisa-sisa pembakaran bisa bebas keluar digantikn udara segar. Oleh karena itu pre-cahmbaer harus :

  • Terisolasi saat injector ke-2 khusus untuk pre-chamber menyemprotkan bahan bakar, sampai diledakkan oleh api busi.
  • Terbuka lebar saat pembilasan, saat klep in dan klep ex tebuka saat langkah hisap dan langkah buang.

Agar dapat berperilaku seperti ini, maka diperlukan sebuah klep yang mampu mengisolasi dan membuka sesuai dengan pergerakan langkah piston. Dan ternyata benda unik yang tertera dalam gambar di atas dengan nomor 55, 55a, 56 dan 59 adalah satu unit klep untuk pre-chamber. Ujung yang terletak pada pre-chamber, dimana terjadi tutup buka bentuknya seperti ini.

Menurut iwf :

  • Nomor 52 adalah lubang kecil tempat menyemburnya jet campuran yang terbakar dengan suhu dan kecepatan tinggi dari pre-chamber memasuki main-chamber.
  • Nomor 65 adalah lubang untuk injector saat menyemprotkan bensin ke dalam pre-chamber
  • Nomor 56 adalah poros yang klep dengan gir

Pada bagian satunya dipasang gir (nomor 59) yang terhubung ke rantai kamprat.

Jadi gerakan klep khusus ini sesuai dengan piston ddan buka-tutup klep in-ex. Sehingga fungsinya sebagai pre-chamber menjadi lebih optimal. Efisiensi dan emisi rendah dapat, power juga mantab. Emang pinter nih insinyur honda.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan