Makna Tersirat Dihilangkannya Scissor Gear pada Balancer Honda Africa Twin CRF 1100L 2020

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit dan berbagai mara bahaya di manapun kita berada.

Pada workshop online tentang teknologi engine honda crf 1100l africa twin versi 2020, dijelaskan bahwa honda menghilangkan gir gunting (scissor gear) pada balancer crf 1100l. Kalau belum tahun bentuk scissor gear, bisa lihat gambar judul di atas bagian kiri. Fungsinya adalah untuk memantabkan posisi gir baik yang berfungsi sebagai drive ataupun driven, sehingga baik derau maupun getaran berkurang drastis.

Dalam penjelasannya, penghilangan scissor gear pada crf 1100l memiliki keuntungan, diantaranya adalah berkontribusi mengurangi bobot secara total. Lihat gambar berikut…

Akan tetapi ada pertanyaan, tidakkah pengurangan part ini akan menimbulkan derau (noise) dan getaran layaknya gir biasa ?

Tentu saja honda memiliki alasan mengapa peran scissor gear bisa ditanggalkan, karena memang sudah tidak dibutuhkan dalam mengeliminir derau dan getaran. Hal ini bisa terjadi karena honda telah merancang gir balancer dengan sangat presisi terhadap gir lawannya (gir yang seporos dengan crankshaft). Sehingga tiada celah yang dapat menimbulkan derau ataupun getaran melainkan celah sempit untuk lapisan oli saja.

Selain itu penghilangan scissor gear juga dapat diartikan bahwa gir-gir yang bekerja pada bagian tersebut memiliki bahan material yang lebih kuat. Karena lebih kuat maka akan lebih tahan terhadap keausan yang akan merubah bentuk dan menurunkan kepresisian hubungan antar gir ter. Jadi meskipun tanpa scissor gear engine honda crf 1100l 2020 dijamin minim noise dan getaran (rattling), plus sekaligus lebih ringan.

Efek samping dari turunnya bobot adalah handling dan juga fuel consumption (konsumsi bahan bakar) alias semakin irit. Tahu kan kalau aveture, efisiensi sangat penting, karena dalam jarak yang jauh belum tentu ada pom bensin. Nangis bro kalau di tengah padang pasir atau di tengah hutan kehabisa bensin.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan