Honda Tingkatkan Daya Lawan CBR 250 RR, Hadapai Kompetitor 4-Inline

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan segala mara bahaya di mana pun kita berada.

Honda cbr 250 rr merupakan varian paling top dari motor harian yang di jual honda di tanah air di kela menengah ke bawah. Dan pamor motor ini mau tidak mau menjadi acuan atau flag ship bagi calon konsumen sepeda motor di tanah air. Sebelum tahun 2020 honda cbr 250r rr menjadi yang terkuat, tercanggih dan terekeren di kelas sport 250 cc. Akan tetapi semenjak dirilisnya motor kompetitor di kelas yang samam dengan konfigurasi engine 4-inline, pamor honda cbr 250 rr seakan meredup, dan kebanyakan mata pengamat otomotif mulai berpaling, lebih perhatian kepada pndatang baru si 4-inline ini.

Pada dasarnya honda cbr 250 rr masih memiliki value yang cukup tinggi bahkan melebihi kompetitor 4-inline di berbagais sisi [lihat artikel motogokil sebelumnya di sini]. Akan tetapi momentum “motor baru” menjadikan honda perlu memberikan sesuatu yang lebih greget lagi agar calon konsumen khususnya konsumen motor sport 250cc kembali berpaling ke hoonda cbr 250rr.

Dan tentu saja gelagat konsumen yang mulai teralihkan perhatiannya terbca dengan sangat jelas oleh honda. Tidak mau berlama di tengah serbuan opini keunggulan kompetitor dan terjerembabnya ekonomi nasional akibat covid-19, honda mencoba menggeliat, menunjukkan keungulannya. Tercatat dalam 1 bulan di bulan juli 2020 ini, honda memberikan 2 gebrakan serius, untuk menaikkan kembali pamor honda cbr 250rr, yaitu :

Memberikan Cashback Harga Hingga 8 Jutaan Rupiah Untuk Pembelian Honda CBR250RR.

Langkah ini dilakukan oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim ) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT, sebagai sebuah program promo spesial penjualan melalui jaringan penjualan di Jatim sampai tanggal 31 juli 2020. MPM Honda memberikan cash back hingga 8 juta bro…wow banget. Karena uang sebesar 8 juta rupiah bisa digunakan oleh para pembeli honda cbr 250 rr untuk keperluan lainnya, seperti :

  1. Modifikasi penampilan
  2. Meningkatkan performa engine
  3. Atau untuk beli kambing kurban (bagi yang muslim) mumpung sebentar lagi iedul adha.

Lalu apa yang terjadi dengan cashback yang sampai 8 juta ini ? Tentu saja hal ini akan meningkatkan value for money dari honda cbr 250 rr itu sendiri. Selisih jarak antara hoonda cbr 250rr dan kompetitor semakin jauh, membuat calon pembeli semakin tertarik. Dan diskon ini juga merata hampis di seluruh diler honda di tanah air, akibat diskon ini selisih harga honda cbr 250rr varian terbawah dengan kompetitor mencapai lebih dari 40 juta rupiah, wiih jauh lebih murah dengan perbedaan power yang tidak terlalu besar.

Jadi dengan selisih harga 40 jutaan ini, bisa membuat honda cbr 250 rr jauh lebih unggul dibandingkan kompetitor, meskipun 4-inline. Coba bayangkan jika selisi 40 juta ini digunakan untuk meningkatkan performa honda cbr 250 rr, agar mampu mengalahkan kompetitor, sepertinya sangat memungkinkan. Mari dilihat bagaimana ubahan yang bisa dilakukan mekanik untuk meng-upgrade power honda cbr 250 rr melebihi 50 hp.

Jadi kalau ada selisih dana 40 jutaan bisa tuh digunakan untuk upgrade performa, yang meliputi 4 ubahan variabel yaitu :

  1. Menaikkan efisiensi volumetrik dari 84% menjadi 89%. Hanya menaikkan 5% ane rasa banyak mekanik yang sanggup melakukannya denagn biaya nggak mahal. Tentu saja dengan memperhatikan variabel ke 2 yang diubah yaitu
  2. Menaikkan posisi power puncaknya, yang tadinya di 12000 rpm menjadi 14500 rpm. Untuk piston speed masih cukup aman untuk motor canggih sekelas honda cbr 250rr. Kombinasi ubahan variabel 1 dan 2 menuntut adanya ubahan di intake runner, header knalpot, filter udara yang lebih plong, sedikit porting di sekitar intake. Juga harus diikuti dengan pengubahan debit bensin lewat setting ECU dan (lebih aman) penggantian injector. Dan jangan lupa radiator sedikit diperbesar, mengikuti suhu mesin yang akan menjadi semakin panas.
  3. Pengaturan (air fuel ratio) AFR atau perbandingan antara udara dan bensin, menjadi sedikit lebih basah, dapat dilakuakn dengan bantuan setting ECU
  4. Menaikkan rasio kompresi (compression ratio) atau CR dapat dilakukan dengan mengganti piston yang lebih jenong (lebih aman) atau kalau mau ekstrim ya papas silinder sedikit. Kedua langkah ini harus memperhatikan lift klep dan kondis floating nya.

Mekanik tanah air dikasih duit 40 juta untuk melakukan modifikasi performa seperti ini ? Banyak yang mau dan bisa.

Dan jika power 51 hp dicapai oleh modifikasi performa honda cbr 250 rr, dipastikan cbr 250 rr akan mampu mengalahkan kompetitor sekalipun 4-inline dengan mudahnya. Karean bobot cbr lebih ringan sehingga pwr dan akselerasinya akan jauh lebih unggul.

Jadi gimana mas bro speed lover honda cbr 250rr sangat bersaing kan ?

Ingat selisih 40 juta itu besar bro, bisa buat berbagai macam kebutuhan termasuk upgrade performa cbr 250rr agar semakin kenceng.

Gebrakan berikutnya adalah panambahan fitur yang sangat berguna bagi para speed lover yaitu quick shifter dan upgrade power honda cbr 250rr. Nanti iwf akan bahas di artike salanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan