Honda Patenkan Sistem Kopling Semi Otomatis. Cocok Untuk Rider Motor Sport Manja.

Honda-Gearbox Semi Manual Shift Gear-motogokil

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari segala wabah penyakit dan mara bahaya di manapun kita berada, aamiin.

Coba lihat gambar di atas…Ada motor sport, tapi nggak pake handle kopling. Ya memang itulah yang dipatenkan honda. Yaitu suatu sistem pemindah kopling pada gearbox manual tapi nggak manual banget, alias semi otomatis. Artinya jika sistem ini diaplikasikan pada motor sport, rider bisa langsung masukin gigi pakai pedal pemindah gigi, biasanya sebelah kiri, tanpa harus pencet handle kopling.

Dan sistem pemindahan gigi ini sangat cocok untuk rider motor sport yang manja. Yang sering mengeluh tangannya pegel bolak-balik pindah gigi saat jalanan macet. Dan memang itulah salah nilai positif yang ditawarkan sistem pemindah gigi semi otomatis ini.

Lalu bagaimana prinsip kerjanya ? Mari kita selidiki bersama…

Di dalam paten nya, juga disertakan sistem elektronik yang mendukung sistem kopling semi otomatis ini. Perhatikan diagram blok di bawah ini.

Honda-Semi-Auto-Gearbox

Ternyata sistem elektronik yang dimaksud adalah sedikit program tambahan dalam ECU yang mengolah masukan dari seperangkat sensor (ada 5 sensor). Kemudian hasilnya dikeluarkan untuk menyesuaikan power mesin/engine dan menggerakan aktuator untuk menekan-melepas kopling.

Bagi orang elektro yang suka usil membangun sistem berbasis mikrokontroler, hal semacam ini sangat sederhana. Dan bisa dibangun dengan biasaya yang tidak mahal, karena perangkat gearbox hampir tidak berubah, hanya mengalami sedikit penambahan penempetan aktuator. Oleh karena itu, dalam menyematkan sistem ini, honda tidak akan manaikkan harga motor secara siginifikan, alias sistem yang murah tapi efektif.

Dalam hal penambahan bobot, tentu saja sistem ini tidak seberat DCT yang telah disematkan pada africa twin dan gold wing. Paling-paling yang berat adalah aktuator yang merupakan motor dc dengan sedikit penambahan pengungkit. Mirip dengan motor yang digunakan di sistem VVA mesin nmax, akan tetapi lebih kuat, daya sedikit di bawah motor starter. Sedangkan sistem elektroniknya menyatu dengan sistem ECU.

Bagi yang mau bikin sendiri kayak nggak susah mas bro, kerjanya miri seperti quick-shifter. Tapi dilengkapi pengungkit untuk menekan dan melepas kopling, sebagai pengganti handle kopling (clutch lever). Kayaknya memang cocok buat rider motor sport manja yang sudah terlanjur terbiasa pakai motor bebek atau matic.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan