Berbagai DIY ala Motogokil, dari Motor Bebek Jadul Sampai Motor Sport Canggih

bongkar-pasang mesin 0

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatu
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua di manapun kita berada

Sebagai rider dan juga mekanik abal-abal, iwf kadang merasa harus menangani sendiri motor-motor yang iwf punya dan iwf gunakan. Ada banyak alasan yang penyebabkan iwf menanganinya secara pribadi, diantaranya adalah :

  1. Lagi bokek, alias nggak punya/gableg duit. Jadi memang nggak ada alokasi anggaran untuk bayar mekanik atau beli sparepart.
  2. Repot mengatur jadwal waktu, karena terkadang kebutuhan akan perbaikan di pagi atau malam hari.
  3. Males antri di bengkel
  4. Sengaja pengen bongkar-bongkar motor (hobi) sebagai sarana refreshing
  5. Nggak percaya dengan garapan mekanik bengkel resmi, karena pernah dikecewakan

Kurang lebih itulah beberapa alasan iwf untuk menggarap motor sendiri di rumah (diy-do it yourself). Tentu saja iwf berani melakukannya karena ada beberapa kondisi yaitu :

  1. Ada sarana berupa ruangan, alat-alat yang memadai (kalau terjadi alat tidak ada /kurang,  ya berhenti sejenak untuk beli) dan tentu saja ada motor yang ingin dijailin/dibongkar
  2. Ada sedikit keahlian, dulu pernah kursus mekanik motor
  3. Ada waktu yang cukup
  4. Ada motor cadangan, kalau-kalau gagal bereksperimen, dan yang lain sebagainya

Kebetulan beberapa pengalaman tersebut sempat iwf dokumentasikan dalam banyak artikel yang iwf tulisan sejak beberapa tahun yang lalu. Dan ternyata kalau dikumpulkan banyak juga yang telah iwf lakukan dan tuliskan. Nah dalam artikel ini iwf coba kumpulkan dan kelompokkan berdasarkan jenis motornya (sesuai dengan pengalaman dan juga motor yang pernah iwf punya).

Nah ada beberapa yang tingkatannya ringan seperti modifikasi tampilan, ergonomi dan yang lainnya. Ada pula yang sedang yang meliputi penggantian sparepart yang cukup sulit untuk dilakuakn orang awam. Dan ada juga yang cukup berat yaitu membongkar mesin sampai terburai (pecah mesin).

Berikut ini diy yang pernah iwf lakukan [page], dikelompokkan dalam jenis motornya :

Banyakkan artikel yang membahas diy yang pernah iwf tulis ?

Untuk yang honda c100 dan mega pro, iwf tidak bisa menampilkan foto asli, jadi gambar yang ada di situ adalah gambar yang berasal dari buku servis. Karena pengalaman diy saat bongkar honda c100 dan mega pro iwf dapat saat kursus mekanik dulu, belum zaman ngeblog. Ada beberapahal yang masih belum iwf coba seperti bongkar cvt dan kelistrikan sepeda motor secara umum, hal ini terkait dengan keterbatasan iwf sendiri.

Amatlah sayang jika artikel sebnyak ini tidak memberikan manfaat bagi masyarakat permotoran di tanah air. Oleh karena itu dengan dikumpulkannya artikel diy yang pernah iwf tulis dalam satu artikel bundel, diharapkan memberikan kemudahan untuk mencari, kiranya ada yang diperlukan untuk dijadikan referensi bagi pembaca yang ingin melakukan diy di rumah.

Akhir kata semoga bermanfaat, mohom maaf jika ada salah dan kurangnya (mohon para mastah dan suhu ahli permesinan memberikan koreksi kalau dirasa keliru). Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. DIY : Gonta-Ganti Per Sokbreker (Shock Breaker) Belakang | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan