Norton V4SS Superbike Bikinan Tangan. Baru Tiba Setelah 2.5 Tahun Dipesan

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa merachmati kita semua di manapun kita berada

Sebelumnya mari berkenalan dengan pabrikan motor dari inggris ini. Norton Motors Ltd (sekarang bernama Norton Motorcycle Co) didirikan pada tahun 1898 di Birmingham, Inggris. Saat awalnya berdiri merupakan produsen perlengkapan dan suku cadang motor roda dua untuk perdagangkan. Dan pada tahun 1902 Norton telah mulai memproduksi sepeda motor mereka sendiri sampai sekarang.

Perjalanan pabrikan motor Norton tidaklah mulus, penung dengan dinamika. Norton memiliki sejarah yang cukup sukses dalam dunia balap akan tetapi bergantian pemilik telah mencoba dan gagal membuat kesuksesan. Pada 2008, Stuart Garner menjadi pemilik baru dan sejak itu, Norton telah mengembangkan serangkaian sepeda motor yang sangat keren. Dominator dan Commando telah berada di jajaran Norton untuk beberapa waktu dan sekarang akan bergabung dengan V4SS / RR, Atlas dan Superlight. V4SS dan Atlas diduga saat ini sedang dalam produksi, karena sudah ada sedikit pengiriman V4SS ke konsumen.

Lahirnya kembali sepeda motor Norton saat ini penuh dengan kontroversi dan rumor. Beberapa kejadian tidak mengenakkan seperti :

  • Permasalahan keuangan,
  • Pelanggan yang antri untuk mendapatkan kembali uang yang sudah mereka setorkan untuk sepeda motor yang mereka pesan (dugaan), tetapi tampaknya motor tidak akan pernah menerima.
  • Diantaranya berlanjut ke tindakan hukum untuk mendapatkan kembali uang yang sudah mereka setorkan tersebut,
  • Pemasok berbagai sparepart yang belum/tidak dibayar, dan lain sebagainya (ternyata permasalahan pabrik motor banyak ya )

Meskipun sedemikian ruwet dan kacaunya  kondisi pabrikan norton ini, ada beberapa pelanggan telah menerima sepeda motor yang mereka pesan. Salah satu pelanggan yang beruntung adalah David yang telah menerima pengiriman Norton V4SS. Pada tahun 2016 David memasukkan namanya ke dalam daftar untuk indent Norton V4SS yang baru diluncurkan.

Dan seperti biasanya waktu yang dibutuhkan untuk merealisasikan sebuah konsep sampai jadi dan diantar ke pembeli cukup panjang. David membutuhkan waktu lebih dari 2 ½ tahun sejak memesan untuk menerima sepeda motor ini. Dan ia menerimanya di bulan Juni 2019.


Gambar 1. Norton v4ss dan sang owner yang berbahagia

V4SS dijanjikan sebagai sepeda motor buatan tangan dari pabrikan kecil Inggris, yang dirancang untuk menyaingi eksotika terbaik di luar sana. Dengan harga £ 42.000 (kira-kira sekitar 748 juta) harga yang lumayan mahal. Akan tetapi motor ini dibuat dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 250. Pastinya akan menjadi motor yang langka, dan akan menjadi investasi yang sangat bagus di kemudian hari.

Ternyata spesifikasi engine yang dimiliki norton v4ss ini cukup mentereng, yaitu :

  • Mesinnya adalah 1200 cc, 72 ° V4
  • Bore x stroke = 82 mm  x 56,8 mm
  • Power 214 bhp @ 12.500 rpm
  • Torsi 128 NM pada 10.000 rpm.
  • Titanium inlet valves,
  • slipper clutch,
  • gearbox kaset 6 percepatan dan Cams yang diger
  • akkan oleh rantai.

Para pengamat otomotif yang skeptis dan para penyebar rumor/hoax menyatakan bahwa sepeda motor norton v4ss ini adalah sebenarnya mesin Aprilia dengan kasing Norton. Seperti yang digunakan pada sepeda balap TT. Akan tetapi Norton bersikukuh bahwa itu adalah mesin yang dikembangkan sendiri.

Gambar 2. Engine norton v4ss dengan kapasitas 1200 cc v4 72 derajad

Selain itu norton v4ss ini dibelai dengan suspensi dilakukan oleh Ohlin dengan garpu depan sistem NIX30 yang dapat disetel secara penuh di bagian depan.


Gambar 3. Suspensi depan ohlins nix30 fully adjusted

Sedangkan pada suspensi bagian belakang dilayani oleh ohlins TTXGP yang juga dapat disetel secara penuh.


Gambar 4. Suspensi belakang ohlins ttxgp fully adjusted

David mengatakan suspensi itu luar biasa. Dia pria yang bugar dan tidak memiliki beban tambahan, tetapi dia merasa perlu melunakkannya sedikit untuk jalan. Ini tegas tetapi memiliki rebound yang sangat baik dan kontrol kompresi. Suspensi bekerja paling baik pada kecepatan, seperti bagian sepeda lainnya. Ini sangat fokus dan memiliki sasis yang cukup kaku, tidak benar-benar dirancang untuk muncul di diler motor umumnya.

Norton mengatakan bahwa bobot basah v4ss ini hanya 190kg (sedangkan bobot kering 179kg. Sehingga dapatdibayangkan, dengan 214 bhp dan bobot seringan itu, V4SS bisa berakselerasi dengan sangat cepat. Dan performa ini bisa dikatakan cukup impresif, karena power yang dihasilkan lebih besar 40bhp dibandingkan  sportbike BMW S1000RR pada 8k rpm.

David menggunkanan sistem knalpot full-race yang memang sudah terpasang saat motor v4ss ini datang ditangannya. Dan knalpot ini full terbuat dari bahan titanium yang memiliki teste keindahan tersendiri. Mesin dirancang sesuai dengan keinginan rider linier dari awal sampai 8000 rom. Dan tenaganya mulai menggila setelah menginjak putaran mesin lebih dari 8000 rpm. Performa seperti ini mirip dengan performa motor MotoGP.


Gambar 5. Titannium muffler

Dengan sangat senang david berkata:

“Ini pengalaman bersepeda paling berkesan yang pernah saya miliki. “

Dasbornya sangat keren dengan layar 7-inci penuh warna dengan banyak fungsi. Ada empat mode pengendara: Road, Sport, Wet, Race.


Gambar 6. Display full color

Norton telah menginstal rangkaian lengkap perangkat elektronik yang sangat membantu rider yaitu :

  • Kontrol traksi multi-pengaturan (Multi-setting traction-control)
  • Kontrol roda (wheelie control) menggunakan Inertial Measurement Unit (IMU) enam-sumbu,
  • Kontrol peluncuran (launch control)
  • Kontrol jelajah (cruise control).
  • Sistem quickshift dan
  • Pemadaman otomatis (auto down blipper).

Pencatatan data (data logging) lengkap dilakukan di dalam elektronik pada V4SS, yaitu :

  • waktu putaran (lap time),
  • sudut kemiringan maksimum (maximum lean angle),
  • kecepatan maksimum (maximum speed),
  • kecepatan maksimum throttle (maximum throttle)
  • kekuatan pengereman maksimum (maximum braking force).

Selain itu ciri dari motor buatan tangan pada norton v4ss ini semakin kental dengan berbagai part eksotik, diantaranya :

  • Roda BST yang terbuat dari serat karbon

    Gambar 7. Velg terbuat dari serat karbon
  • Bodywork yang seluruhnya dibuat dengan serat karbon

    Gambar 8. Seluruh cover body juga terbuat dari serat karbon
  • frame yang merupakan paduan aluminium yang indah dan sejumlah komponen buatan tangan yang menakjubkan seperti braket fairing, sidestand, dan lain sebagainya.

    (a) Sambungan pada frame depan


    (b) Sambungan pada frame tengah


    (c) Sambungan pada bracket fairing
    Gambar 9. Las-lasan (welding) yang sangat rapih

Tidak ada yang tahu bagaimana masa depan Norton nantinya, akan tetap ada atau bangkrut tutup. Akan tetapi satu hal yang pasti, norotn V4SS akan menjadi seperti barang antik laksana unicorn. Menjadi barang antik yang legendaris yang hanya sedikit orang yang pernah meliihatnya.

Beberapa yang juga tampil keren pada jatidiri norton v4ss ini tampak pada bagian ini


Gambar 10. Headlamp projector yang keren di malam hari


Gambar 11. Bagian belakang laksana buntut tawon denagn disain super keren


Gambar 12. Disain sadel pengendara yang dirancang dengan estetika tinggi

Pelajaran yang bisa diambil adalah, di inggris bikin sepeda motor dengan level superbike berkualifikasi international bisa dilakukan dengan tangan (hand made – bukan pekerjaan robot di pabrik). Dan dalam proses produksi handmade detil dan orisinalitas benar-benar sangat diutamakan. Artinya kita pun sebenarnya juga bisa membuat motor, mobil bahkan pesawat yang berkualitas dengan cara hand made pula.  Asalkan ada niat dan dukungan yang kuat semua itu bisa dilakukan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

sumber : bikebound

18 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan