Fabio Quartararo Dominasi Sesi Pra Race di Valencia

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah menyelamatkan kita semua selama perjalanan dan mensejahterakan kita ketika sampai di tujuan.

Fabio Quartararo (fq20) kembali membuat para pengamat motogp berdecak kagum padanya. Pasalnya ia mampu mendominasi hampir semua sesi sebelum balapan. Mulai dari latihan bebas (free practice), sampai sesi kualifikasi. Bahkan di sesi kualifikasi ia berhasil menempatkan dirinya sebagai pole siter alias pole position.

Quartararo melaju dengan yamaha m1 bersama tim petronas yamaha srt, tampak begitu kuatanya di sirkuit ricardo tormo valencia ini. Yang membuatnya lebih menakjubkan adalah ia berada di tim satelit dengan tentu saja motor yang sedikit berbeda dibandingkan tim pabrikan. Akan tetapi performanya seringkali lebih unggul dibandingkan timpabrikan. Artinya skill yang dikuasainyalah yang membuatnya unggul bukan motornya.

Berikut ini hasil latihan bebasĀ  (free practice) 1 sampai 2 yang didominasi oleh quartararo.

Dan quartararo semakin cepat di sesi free practice berikutnya

Dan quartarao semakin menggila di sesi kualifikasi

Gilanya lagi, kembali fabio quartararo memecahlan rekor fastest lap di sirkuit ini. Ini artinya motor yamaha m1 memang masih cukup kuat jika berada di tangan pembalap yang tepat. Terlihat selisih lap time antara quartararo dengan vinales cukup dekat yaitu sekitar 0.2 detik. Akan tetapi jaraknya dengan valentino rossi lumaan jauh yaitu 0.976 detik.

Sepertinya sangatlah rugi jika yamaha tidak segera merekrut fabio quartararo menjadi pembalap pabrikan tahun berikutnya. Atau paling tidak mendapatkan motor yang setara dengan motor yang diberikan pada pembalapa pabrikan. Sehingga tahun depan secara konstruktor yamaha bisa lebih bersaing dibandingkan tahun ini.

Lalu bagaimana dengan race besok, apakah dominasi quartararo akan berlanjut dengan kemenangan ?

Entahlah, sepertinya memang sesi pra race dengan race sedikit berbeda hasilnya bagi quartararo. Beberapa kali quartarao gagal menemukan seting terbaik saat race, beberapa lainnya ia hampir juara (karena kalah di akhir race oleh marc marquez). Mungkin kali ini quartararo bisa mewujudkan ambisinya untuk juara, karena memang ia sangat kuat sejak awal pra race.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Komentar

  1. Kuat belom tentu menang.. dan sudah terbukti di beberapa race terakhir.. yg kasian lg pas race disundul petruk malah jatoh juga.. padahal start posisi pole jg itu..
    Btw dia perlu belajar dr JL99 soal start waktu race selama pakai m1 dulu, sip bgt tuh. Tp kayake semua pebalap yimihi yg skrg startnya buruk semua deh rata2 (sesekali start bagus si MV). Semoga saja race hari ini (minggu) menarik dan menyenangkan, dengan pemenangnya (tentu) marc marquez. Terimakasih

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan