Jurus Marc Marques Selamat dari Cidera Parah Saat Crash di Sepang

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah menyelamatkan dan mensejahterakan kita semua selama di perjalanan sampai ke tujuan

Kalau urusan ndlozor alias crash, marc marquez adalah juaranya. Bahkan musim balapan tahun kemarin (2018) marc marqquez menjadi juaranya, paling sering jatuh (artikel). Maklum saja motor honda rc213v yang dikendarai marc marquez mungkin merupakan motor yang paling liar di motogp. Jadi nggak heran jika marquez juga terjatuh pada musim tahun ini.

Perbedaannya adalah marc marquez tahun ini lebih jarang jatuh. Hal ini menjadi tanda tanya besar bagi banyak pengamat, apakah marquez sekarang lebih berhati-hati, atau ia sekarang menjadi lebih ahli dalam hal penyelamatan dari crash karena mengambil pelajaran dari seringnya crash di tahun lalu. Jika melihat beberapa video saat marquez melibas tikungan, memang ada beberapa kali marquez berhasil selamat dari crash.

Akan tetapi beberapa crash yang terjadi pada marquez tebilang hebat/parah (artikel). Nasib baik marquez masih selamat dan bisa meneruskan sesi berikutnya. Beberapa teknik jatuh marc marquez, ternyata sukses menyelamatkan dirinya dari cidera parah. Bisa jadi teknik tersebut merupakan hasil latihan, bisa juga merupakan refleks dari alam bawah sadarnya.

Berikut ini cuplikan gerakan marquez saat terjatuh di latihan bebas di sepang beberapa waktu yang lalu…

Ketika motor sudah tidak mungkin dikuasai lagi, lepas dan loncat.

Jatuh dengan kaki untuk sedikit meredam benturan, kaki terkuat terlebih dahulu.

Jika momen masih sangat besar bantu dengan kaki berikutnya, untuk mengurangi impact pada kaki yang pertama.

Jika harus terjatuh, maka jatuh dengan bagian-bagain tubuh ini secara berurutan, yaitu :

  1. Dengkul
  2. Ke dua lengan
  3. Dada (dengan dilindungi tangan yang sendakep)+bahu+helm. Benturan dibagi/ditahan dengan banyak bagian tubuh, sehingga impact nya semakin kecil.
  4. Kemudian berputar cepat untuk menjadikan punggung sebagai penerima benturan terkeras. Karena punggung memiliki struktur otot yang sangat kuat dan dilengkapi pengaman yang cukup kuat pada bagian tersebut.

Ketika menjadikan bahu dan punggung sebagai tumpuan jatuh. Marquez berusaha menguatkan otot-otot sekitar bahu dang punggungnya dengan menyatukan kedua telapak tangannya, menggunakan gaya sendakep.

Dan ternyata teknik jatuhnya marc marquez sukses menyelamatkan marquez dari cidera parah. Tentu saja juga ditunjang oleh airbag baju balap yang mengembang tepat pada waktunya. Cidera yang paling parah hanyalah lecet-lecet di kedua lengan saat menjadi tumpuan jatuh pertama kali beban terberat (tubuh).

Pertanyaannya adalah apakah teknik seperti hanya marc marquez saja yang bisa melakukannya, atau bisa dipelajari dan di latih. Tentu saja iwf berharap, teknik ini bisa dipelajari, dilatih dan dikuasai oleh seluruh pembalap, beserta teknik-teknik tambahan (misalnya memperkuat otot-otot yang digunakan untuk penyangga tubuh saat jatuh). Dengan demikian para pembalap bisa terhidar dari cidera parah saat jatuh seperti yang terjadi pada marc marquez.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh,

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Jurus Marc Marques Selamat dari Cidera Parah Saat Crash di Sepang

  1. melatih dalam artian simulasi mungkin bisa kang iwan. tapi kalo sudah ‘real’ uji jatoh d jalanan. itu butuh proses yg sangat lama & reflex yang sempurna. hanya orang (bodoh/gila) yang bersedia untuk ‘jatoh beneran’ untuk melatih hal’ tersebut. termasuk MM ya kang.. hhh

  2. Latihan fisik Marc di gym juga sangat membantu dia dlm meminimalisir cidera pada saat jatuh parah…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan