Aprilia (Zongshen) GPR 250 Bukan Tandingan Kawasaki Ninja 250, Apalagi Honda CBR 250RR

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Di negeri tiongkok baru saja diperkenalkan motor keren aprilia gpr 250. Motor sport bergenre full fairing ini tampil gagah dengan disain khas eropa (italia). Tidak diragukan lagi, dipandang sekilas jembleger nya, akan sanggup menandingi motor-motor sport full fairing 250 cc asal Indonesia.

Akan tetapi ketika melihat spesifikasi engine-nya…..jauh dari kata memuaskan. Powernya sangat rendah untuk ukuran sport full fairing 250 cc yang telah malang-melintang di tanah air. Maklum desain italia akan tetapi teknologi bahannya khas tiongkok, ya jangan terlalu berharap banyak. Berikut ini komparasi performa aprilia (zongshen) gpr dengan motor sport 250 cc 2 silinder…

Style full fairing identik dengan pure sport racing dengan kecepatan tinggi. Dan style tersebut sudah dimiliki oleh aprila gpr 250 ini. Sayangnya powernya sangat kecil, hanya 26.15 hp. Dan itupun diperoleh pada putaran yang relatif rendah dibandingkan motor-motor lainnya. Jadi motor ini akan sangat tertinggal ketika putaran mesin mulai mendekati batas maksimumnya.

Apalagi pwr yang dimiliki juga rendah yaitu sekitar 0.174, sedangkan sebahagian besar motor sport full fairing yang beredar saat ini berada paling rendah 0.214 (yamaha yzf r25). Bahkan aprilia gpr 250 masih tetap kalah pwr-nya dibandingkan kawasaki ninja 250 fi lama (jadul), padahal teknologinya paling lawas. Dari spesifikasi tersebut di atas, jelas secara teknis di brosur, aprilia gpr 250 akan kalah baik dalam aspek akselerasi maupun topspeed.

Jika dibandingkan dengan motor sport 250  silinder pun aprlia masih kalah, spesifikasi performanya sedikit berada di bawah. Perhatikan komparasi performa berikut.

Aprilia gpr 250 hanya menang dibandingkan motor touring suzuki inazuma 250 cc. Yang mana motor-motor yang dikomparasikan pada tabel di atas adalah motor-motor yang kurang laku. Bahkan sangking kecilnya minat konsumen, ada beberapa motor yang sudah disuntik mati.

Jadi aprila (zongshen) gpr 250 memang bukan tandingan motor-motor sport full fairing 250 cc. Selain sudah kalah nama dan pamor, kalah spesifikasi (hanya 1 silinder) bahkan performa nya pun kalah. Sehingga sangat kecil motor ini akan masuk ke tanah air. Kecuali diubah konfigurasi mesinnya dan dihargai agak jauh di bawah kompetitor.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan