Modifikasi Lever Shifter (Tuas Pemindah Gigi) Ala Takuma Aoki

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Namanya juga pasion, meskipun fisik kurang mendukung, selalu ada jalan untuk mengakalinya. Itulah yang dilakukan pada motor honda cbr 1000rr agar bisa dikendarai aoki yang lumpuh kedua kakinya. Dari modifikasi ini juga, diharapkan mampu memberikan semangat bagi rider yang mengalami disfungsi pada kakinya.

Berikut medifikasinya…

Karena kaki dari aoki tidak mampu menggerakkan tuas pemindah gigi (lever shifter), maka pemidahan dilakukan dengan jari tangan kiri. Sehingga perlu menempatkan switch di handle bar untuk menaik-turunkan gigi secara elektrik. Berikut penampakan switch-nya

Dua switch tersebut digunakan untuk men-on-kan tabung pendorong-penarik elektrik (sepertinya berisi motor dc bertorsi besar). Tuas dari tabung ini dihubungkan ke tuas pemindah gigi, sehingga tuas tersebut bisa naik-turun layaknya motor biasa. Untuk keperluan ini mekanik aoki menamakannya hand gear shift changer, berikut konstruksi pemasangan tuasnya

Alat bantu tersebut dibangun dengan menggunakan electric shift changer. Yang salah satunya merek terkenalnya adalah kliktronik yang dipasaran dilepas dangan harga sekitar 860 usd, lumayan mahal ya. Komponennya tidak terlalu banyak partnya dan instalasinya juga (menurut iwf) cukup gampang.

Proses pemindahan gigi dengan perangkat ini cukup singkat sekitar 35-50 ms. Dengan kecepatan shifting seperti ini sudah cukup untuk balapan, apalagi untuk harian lebih dari cukup. Perangkat ini juga cocok dipasang sebagai asesoris modifikasi, terutama bagi rider yang males mindahin gigi pakai kaki kiri. Motor berasa seperti motor matik. Apalagi untuk rider penyandang disabilitas bagian kaki seperti aoki, cocok banget. Juga cocok untuk style rider yang ingin santai, dengan posisi duduk malas-malasan seperti di sofa.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan