Honda Genio…Apanya yang Spesial ?


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Honda (AHM) baru saja meluncurkan motor matik (scooter matic) terbarunya, yaitu genio 110 cc. Motor matik ini semakin melengkapi varian skutik honda di segmen kecil. Jika dilihat positioning harganya, harga honda genio yang barada dikisaran 17.2 – 17.7 juta, atau berada di antara honda beat (16 jutaan) dan honda scoopy (18 jutaan).

Akan tetapi honda genio ini begitu spesial, jika dibandingkan dengan klan skutik honda 110 cc. Karena mengusung engine baru yang sangat berbeda. Konfigurasinya lebih mengejar pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi (lebih irit) dan lebih ramah lingkungan.

Stroke dari honda genio ini jauh lebih panjang jika dibandingkan beat, berikut ini beberapa perbedaan yang penting dan spesial antara genio dan beat.

Sesungguhnya dengan mengetahui stroke-nya saja kita bisa menerjemahkan karakter engine honda genio ini. Karena dengan stroke yang lebih panjang, otomatis torsinya lebih besar. Engine dengan karakter ini sudah pasti dibangun untuk tujuan efisiensi, karena motor akan memberikan akselerasi yang memuaskan pada putaran rendah. Pengendara cukup membuka throttle sedikit saja agar motor melaju.

Tentu saja karakter ini semakin efektif jika ditunjang beberapa spesifikasi yang mendukung, yaitu

  • Penggeseran torsi maksimum di putaran mesin yang lebih rendah. Ada beberapa bagian yang menentukan ubahan ini, yaitu
    • Camshaft;  LSA sempit, klep intake terbuka lebih awal dan overlap sempit bahkan bisa tanpa overlap
    • Intake runner panjang
    • Header knalpot diameter kecil dan panjang
  • Penurunan kerugian-kerugian daya khususnya pada kegunaan motor di range tersebut.
    • Aplikasi oli encer, karena mesin tidak terlalu panas (power kecil)
    • Bobot diperingan
    • Kopling ganda lebih resposif
    • Kombinasi rasio gearbox, bobot roller dan kekakuan pegas cvt pas untuk akselerasi di putaran rendah

Sepertinya ahm sudah menerapkan semua teknik di atas untuk mendukung performa honda genio. Wajar saja jika banyak testimoni dari testride para blogger menyatakan tarikan lebih mantab dibandingkan engine klan beat-scoopy. Jadi menurut iwf honda genio ini lebih powerful dalam aspek performa dibandingkan beat dan scoopy, khususnya untuk transportasi harian jarak pendek untuk jalanan padat-macet seperti kota besar. Juga sangat cocok untu transportasi harian di daerah pebukitan/pegunungan yang memeng membutuhkan kendaraan bertorsi besar.

Mengenai style genio tidak terlalu istimewa, karena hanya merupakan turunan dari scoopy. Bahkan karena mengaplikasikan roda dengan ukuran 14 inch, seakan mundur kembali ke era scoopy lawas. Tapi masalah style sih relatif, tergantung selera, kebutuhan dan jiwa masing-masing konsumen.

Kurang lebihnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

One response to “Honda Genio…Apanya yang Spesial ?

  1. Pak dosen, coba di bahas tentang sasisnya, yang kayaknya baru. beda sama sebelum2nya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan