Engine (Mesin) Motor Beserta Keruwetan Prinsip Kerja dan Part-Part Pendukungnya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Engine adalah syarat mutlak bagi sebuah sepeda motor. Tampa engine tidak jadi sepeda motor, akan tetapi hanya sepagai sepeda (pancal). Karena sejatinya engine inilah yang di sebut sebagai motor, alias penggerak dengan sumber tenaga pembakaran.

Sebongkah/segelondong engine tampak cukup sederhana dari luar. Akan tetapi ketika dibongkar, tahulah kita betapa rumitnya engine ini. Selain rumit, part yang terlibat di dalamnya mencapai ratusan jenis, semakin rumit konstruksinya semakin banyak partnya.

Meskipun demikian tetap saja bisa disederhanakan dalam beberapa kelompok sub-sistem. Ambil contoh, motor jalanan katagori 250 cc tercanggih (saat ini) di tanah air, yaitu honda cbr 250rr. Sebongkah engine cbr 250rr dapat dipecah menjadi beberapa sub-sistem, seperti tampak pada gambar ini.

Ternyata hanya sekedar engine/mesin memang ruwet dan kompleks. Meskipun sudah dikelompokkan, tetap saja masih banyak masih 18 kelompok sub-sistem. Dan jumlah komponen serta kerumitannya bertambah seiring dengan bertambahnya silindernya. Sepertinya bagian-bagian ini dibagi berdasarkan urutan proses pembongkarannya, dan hampir semua motor 4tak pembagiannya seperti itu (mirip–mirip):

  1. Cylinder head cover
  2. Head cylinder, tambahan
  3. Camshaft and valve
  4. Cam chain and tensioner
  5. Cylinder
  6. Right crankcase cover
  7. Clutch
  8. Starter clutch and magnet
  9. Generator cover
  10. Generator
  11. Water pump
  12. Starter motor
  13. Oil pan and oil pump
  14. Crankcase
  15. Carnkshaft and piston
  16. Transmission
  17. Gearshift drum
  18. Throttle body

Membahas bagian-bagian ini sebenarnya cukup mengasikkan, apalagi jika bersamaan dengan praktek langsung dengan part-part tersebut. Jika ada kesempatan mungkin iwf akan mengajak diskusi tentang bagian-bagian ini. Baik prinsip kerjanya beserta permasalahan yang dihadapinya.

Beberapa bagian dari sub-sistem di atas sempat viral karena ada masalah yang menderanya, seperti :

  • Oli meler di honda cbr 250rr
  • Suara berisi di head cylinder cb 150r
  • Gir oil pump rompal di r25
  • Tensioner lemah di cb150r
  • Oli mesin berkurang dengan cepat di nvl, r15 dan mx king
  • Balancer patah di cb150r
  • Gigi gir transmisi rompal di pulsar 180
  • Kampas kopling gosong di jupiter mx
  • Gir starter rompal di gsx r150
  • Masuk gigi-1 susah di supraX125
  • Air radiator bercampur dengan oli mesin di vixion

Semua masalah di atas terjadi di sekitar mesin/engine, ada yang sepele mudah diatasi ada juga yang berat. Permasalahn yang berat biasanya terkait dengan disain produk yang tidak bisa diselesaikan secara cepat karena terkait dengan fabrikasi. Jadi selama nomor partnya masih sama, maka masalah akan tetap ada.

Selanjutnya iwf akan mencoba berdiskusi dengan mas bro sekalian untuk masalah yang pertama yaitu head cylinder cover, atau tutup kepala silinder. Semoga masih semangat menulisnya dan menjadi bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Yuk Kenalan dengan Motormu, Supaya Nggak Lugu-Lugu Amat Jadi Rider | MOTOGOKIL
  2. Timing Chain (Rantai Keteng/Kamprat) : Prinsip Kerja dan Tip-Trik Mengatasi Permasalahannya | Rider, Mechanic, Engineer, Researcher

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan