Aston Martin Bawa Teknologi F1 ke Jalan Raya, 3 Juta USD Saja

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam dunia motor honda membawa teknologi rc213v ke bentuk motor jalan raya rc213v-s, dan ducati membawa teknologi motogp-nya ke panigale v4 nya. Ternyata juga terjadi dalam dunia mobil, yang mana baru saja aston martin merilis untuk hypercar-nya am-rb-001 seharga $ 3 million. Mobil hypercar ini sudah diperkenalkan tahun 2017 hanya saja masih berbentuk konsep, dan setelah tahu harganya wuih, bukan makom kita-kita nih, yg bisa beli sekelas sultan di dubai sana.

Karenanya iwf tidak akan mebicarakan harganya, akan tetapi coba membicarakna teknologi enginenya. Mari kita tengok sekilas…

Engine-nya yang diklaim memiliki power lebih dari 1000 hp dan mampu berkitir 11100 rpm (lebih rendah dari f1 yang mampu sampai 18000 rpm). Dengan konfigurasi v12 tanpa turbo. Dan mampu memberikan pwr sekitar 1 hp/kg, bagaimana kalau dikasih turbo ?

Berikut ini gambaran engine-nya

Salah satu yang paling special adalah conrod-nya dibuat dengan bahan titanium (yang lebih kuat dari baja). Dan hal ini memang menjadi sesuatu yang mutlak untuk medukung power besar yang dihasilkan dari ruang bakar. Karena betuknya paling ringkih diantara piston dan crankshaft, menuntut conrod yang kokoh dalam menyalurkan tekanan piston untuk sampai dengan presisi ke crankshaft.

Sepertinya satu biji mobil ini saja, harganya bisa membuat pabrik motor atau mobil di tanah air. Kalau mobil ini diboyong secara resmi ke tanah air lengkap dengan pajaknya (legal) maka harganya kira-kira jadi segini :

  • harga 3 juta usd (1 USD = 14,555.17 IDR)= 43.665 milyar
  • tambah pajak mobil mewah 195% = 85.147 milyar
  • totalnya jadi = 128.812 milyar rupiah

Wow banget ya, bayangkan kalau kita bisa memproduksi dan menjual mobil kayak gini, bbisa jaya nih dunia otomotif di tanah air.

Semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kurang dan lebihnya. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan