Mengintip Performa MotoE dari Hasil Tes Hari Pertama di Jerez


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Balap motor listrik (motoE) akan diikut sertakan dalam pagelaran motogp tahun depan 2019. Kemarin telah dilakukan tes hari pertama di sirkuit jerez. Banyak yang bertanya-tanya apa serunya balapan motor listrik, performanya masih dipertanyakan bahkan didengar suaranyapun kurang gahar, jauh dibandingkan motor bakar.

Untuk melihat performanya mari kita bandingkan capaian laptime antara motoE dangan moto2, mana yang lebih powerfull…

Hasil Tes Moto2 di Jerez Hari ke-1

Hasil Tes MotoE di Jerez Hari ke-1

Ternyata selisih laptime nya jauh sekali ya, bedanya sampai 9.5 detik. Lap time lorenzo baldasarri sebagai pemuncak tes moto2 adalah 1:42.203, sedangkan niki tuuli sebagai pemuncak tes motoE hanya sanggup mendapatkan laptime 1:51,721. Bagi pencinta balap tentunya hal ini merupakan “sesuatu” yang bisa dikatakan kurang sip, karena selain lebih lambat, suara mesin motoE terdengar aneh di telinga, zwiiingggg.

Tapi hal ini tidak masalah, karena memang baru pertama kali diadakan. Tentunya masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Akan tetapi motoE merupakan tantangan masa depan yang mau tidak mau harus dihadapi. Mengingat semakin berkembangnya teknologi kendaraan listrik yang tidak bisa dibendung sampai saat, dipastikan di masa yang akan datang motoE akan menjadi balapan favorit layaknya motogp.

Salah satu yang menjadi kendala motoE adalah kapasitas batere. Kalau dirinci kira-kira akan seperti ini :

  • Apakah setiap tim akan memiliki kapasitas batere yang sama persis. hal ini akan mempengaruhi seberapa banyak lap yang sanggup dicapai untuk satukali charge penuh (100%)
  • Apakah penurunan performa batere akan seragam (homogen) untuk setiap tim. Sehingga performa dari tim benar-benar hanya dipengaruhi oleh pembalap, bukan oleh kondisi batere yang heterogen.

Berikut ini suasana tim di pit masing dalam persiapan dan tes di jerez kemarin.

Stasiun Pengisian Batere

Proses Charge Batere

Persiapan Motor MotoE

Suasana Pit MotoE Terbuka Antar Tim

Ternyata persiapan test motoE benar-benar dikerjakan secara serius. Tentu saja sponsornya (energica) harus mengeluarkan dana yang cukup bersar untuk mendukung acara ini. Kalau saja itu terjadi di tanah air, tentu saja sentul juga akan terbenahi karena mendapat support dari sponsor yang memang concern pada dunia balap.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan