Adu Skill Mekanik Tingkat SMK di AHSC, Wakil dari MPM Jawara

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Mekanik merupakan salah satu ujung tombak pelayanan (servis) sebuah perusahaan otomotif , termasuk honda (ahm). Karena bagaimanapun canggih dan handalnya suatu kendaraan, tetap saja akan mengalami masalah/kerusakan baik kaerna waktu, penggunaan dan faktor lain yang tak terduga (kecelakaan). Dan mekanik yang handal harus mampu mengatasi semua yang dikeluhkan konsumen, sebagai tanggungjawab after sales.

Karenanya sangatlah tepat jika menjalankan misi mencari calon mekanik terbaik yang berasal dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mempunyai kompetensi teknik sepeda motor. Agenda ini dikemas dalam ajang bertajuk The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018. Dengan demikian ahm mendapatkan dua keuntungan yaitu :

  1. Memperoleh calon mekanik handal untuk mensuport servis yang semakin tinggi teknologinya
  2. Turut serta berkontribusi dalam peningkatan skill dan wawasan siswa smk dalam hal bisnis persepada motoran nasional. Karenanya sangat tepat jika misi mengusung tema ”Satu Hati Berprestasi untuk Bangsa”

AHSC diikuti tidak kurang dari 29.735 siswa dari 638 SMK binaan AHM yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Para peserta mengikuti kompetisi uji kompetensi melalui beberapa tahap, yaitu :

  • Tingkat sekolah,
  • Jenjang regional oleh main dealer sepeda motor Honda,
  • Berkompetisi di tingkat nasional yang diadakan oleh AHM.

Pada tahap akhir terpilih 40 siswa SMK siap berkompetensi di AHSC tingkat nasional yang diadakan pada 16-17 Oktober di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

The 9th AHSC for Vocational School 2018 merupakan kontribusi positif ahm terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri di Indonesia. Kegiatan ini juga membidik terciptanya tenaga terampil dan kompeten sesuai dengan perkembangan teknologi terkini sepeda motor Honda. Direktur HR, GA, IT AHM Markus Budiman dalam kesempatan tersebut mengatakan :

” Perhatian pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan vokasi industri kini semakin besar. Setelah mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda, kini saatnya perusahaan mengalibrasi dan menguji kompetensi para siswa, sehingga kualitas lulusannya kelak semakin mumpuni dalam berkompetisi di dunia industri otomotif.

Peran serta industri otomotif roda dua semakin strategis terhadap dunia pendidikan dan vokasi industri. Kami berharap, kegiatan ini mampu memenuhi kebutuhan terhadap program link and match dunia usaha dan dunia pendidikan.”

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan :

” para peserta kontes mekanik SMK ini harus mampu menjawab materi uji yang sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini Honda. Tahapan ini dilakukan melalui tes teori, praktik meja, sampai dengan pemecahan masalah pada sepeda motor.

Setelah melalui proses penjurian yang sangat ketat dan terukur, akhirnya terpilih tiga siswa terbaik dari para juara regional, dan tiga pemenang harapan.

  • Juara-1 : Syahroni dari SMK Negeri 1 Bendo, Magetan, Jawa Timur.
  • Juara-2 : Mochamad Hadi Fachmi asal SMK Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Juara-3 : Dimas Wahyu Al Amin dari SMK Muhammadiyah 1 Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Prestasi sungguh membanggakan MPM, karena 2 dari 4 perwakilan yang dikirimkan oleh MPM meraih juara-1 dan juara-2 ( Syahroni dan Mochamad Hadi Fahmi). Syahroni, sang juara, mengatakan :

” Saya sangat senang sekali mendapatkan juara 1 di kontes ini. Saya berterima kasih kepada Allah, orang tua , guru pembimbing dan instruktur MPM yang telah membimbing saya sampai dengan saya berhasil menjadi juara . Kedepannya saya akan melanjutkan kuliah dengan beasiswa yang diberikan oleh Astra”

Sementara Mochamad Hadi Fachmi, juga merasa puas dengan pencapaiannya. Dirinya mengatakan :

” Senang sekali menjadi juara pada kontes ini . kedepannya saya akan melanjutkan kuliah sesuai dengan jurusan yang saya ambil ini. Saya berterima kasih kepada instruktur MPM yang telah membimbing, juga guru pembimbing di sekolah. “

Satyo Prahnowo selaku Technical Service Division Head MPM mengatakan :

” Selama 4 tahun berturut – turut MPM mendapatkan podium pada AHSC, keberhasilan ini menunjukkan bahwa pembinaan MPM terhadap SMK TBSM Honda sudah bagus dan berstruktur.

Setelah ini kami mulai mencari lagi kandidat – kandidat yang akan mengikuti kontes di tahun depan. Semoga di tahun depan dapat mepertahankan prestasi ini. “

Pada tahun ini AHSC memasuki tahun penyelenggaraan yang ke 9 . dan selama 4 tahun berturut – turut yaitu :

  • Tahun 2015 perwakilan MPM mendapatakan juara 2 dan 3,
  • Tahun 2016 berhasil mendapatkan juara 1 dan 3,
  • Tahun 2017 mendapatkan juara 2
  • Tahun 2018 ini mendapatkan juara 1 dan 2.

Dan hadiah untuk para juara tersebut adalah :

  1. Untuk juara pertama mendapatkan beasiswa Rp 8 juta,
  2. Pemenang kedua disiapkan beasiswa Rp 5 juta,
  3. Pemenang ketiga Rp 3 juta.

Berikut ini para jawara AHSC 2018 lengkap dengan juara harapan :

Sepertinya kontes skill mekanik ini menjadi salah satu jalan pintas bagi siswa smk untuk berkiprah menembus pasar kerja yang semakin ketat. Semoga saja mereka-meraka yang ikut (meskipun) belum juara, tetap termotivasi meningkatkan skill nya untuk modal di kehidupan nyata. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan