Pengambangan Motor Yamaha M1 “Mundur”, Siapa yang Bilang ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Pada artikel sebelumnya, motogokil telah tunjukkan bahwa motor m1 baik yang dikendarai valentino rossi maupun maveric vinales semakin lambat. Hal ini ditunjukkan dengan membandingkan raihan waktu babak kualifikasi di sirkuit aragon pada tahun 2017 dan 2018. Yang cukup menyesakkan dada adalah, justru motor lain bisa melaju lebih cepat, bahkan motor m1 dari tim satelit (johan zarco) mampu meningkatkan kecepatannya, dibandingkan tahun lalu.

Dan ternayata pendapat motogokil di”amini” oleh maveric vinales sendiri, yang merupakan pembalap tim pabrikan yamaha. Ia mengatakan :

“… sejak Misano tampaknya kami telah mundur ketimbang maju.” [sumber]

Jadi yang bilang mundur adalah pembalap tim pabrikan yamaha yang jelas-jelas merasakan perkembangan m1 sampai saat ini. Dan ini terbukti dengan sangat jelas jika membandingkan hasil vinales pada balapan tahun lalu 2017 dengan belapan kemarin sore (2018), di sirkuit yang sama, motorland aragon spanyol. Berikut ini perbandingan hasil race tersebut :

Sekarang perhatikan berapa selisih waktu antara rossi-vinales dengan pemenang race. Rossi tertinggal 15 detik, sedangkan vinales 22 detik.

Sedangkan di sirkuit yang sama pada musim tahun 2017, mereka berdua jauh lebih cepat. Perhatikan raihan waktunya, serta selisihnya dari pembalap terdepan.

Dan ternyata memang benar vinales dengan m1, kemarin lebih lambat (selisihnya dengan pembalap terdepan semakin jauh). Yang sebelumnya (2017) hanya 5.2 detik, pada balapan kemarin sore semakin lebar hingga 22,4 detik. Artinya vinales melambat 16.2 detik dibandingkan tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan rossi ? Ternyata apa yang dinyatakan vinales tidak sesuai dengan prestasi rossi di atas m1-nya. Pada balapan kemarin rossi lebih cepat hingga 1.5 detik dibandingkan tahun lalu. Tapi sayangnya pembalap lain juga semakin cepat, khusus marquez yang lebih cepat 10.9 detik dibandingkan tahun lalu. Sehingga meskipun rossi semakin cepat, akan tetapi selisihnya dengan pembalap terdepatn semakin jauh (dari 5.22 detik menjadi 15.19 detik).

Pantas saja rossi berharap, pembesar yamaha di iwata jepang mau memperhatikan hasil balapan di aragon ini. Menurut motogokil pihak yamaha jepang bukan tidak mengetahui permasalahan ini, akan tetapi sedang mempersiapkan solusi yang jauh lebih jitu, yang mungkin tidak terbayangkan oleh orang lain.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan