Balap Skuter Matik dan Motor Bebek (Cub) Buat Apa ?

Assalamu’alaikum wa rochmatulloh wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dulu sempat mendengar cibiran dan nyinyiran orang tentang balapan motor bebek juga skutik (skuter matik). Pasalnya balapan pada level yang lebih tinggi menggunakan motor sport. Jadi sangat jauh hubungannya antara balapan motor bebek/skutik dengan balapan motor sport, yang akhirnya keluarlah perkataan :

“Mana mau maju balapan di tanah air, jika penjenjangannya menggunakan motor bebek/skutik ?”

Menurut motogokil, perkataan ini tidak sepenuhnya salah, ada benarnya juga. Karena karakter motor dan style ridernya sangat jauh berbeda. Tapi meskipun demikian kegiatan balapan motor bebek dan skutik masih punya banyak manfaat, diantaranya :

  • Menjembatani keinginan remaja balapan dengan motor cc kecil
  • Menyalurkan adrenalin para remaja di balapan resmi yang lebih aman. Sehingga memperkecil kuantitas balapan liar yang resikonya jauh lebih tinggi
  • Menyalurkan hobi dengan biaya murah
  • Menghidupkan ekonomi kerakyatan dengan adanya keramaian event balapan antar kampung
  • Dan lain-lain

Karena balapan motor kecil-kecil seperti ini juga masih banyak di adakan di negara lain (luar negeri). Tapi tentu saja tujuan nya berbeda dengan yang diadakan di tanah air. Kebanyakan untuk hobi dan bersenang-senang (having fun), bukan untuk penjenjangan ke balapan level yang lebih tinggi.

Di Australia

Di Italia

Ya karena orang di Indonesia kecil-kecil, motornya kebanyakan juga kecil, balapannya juga menggunakan motor kecil. Nah motor kecil yang merakyat ya motor bebek dan skutik. Kalau sekedar ingin bersenang–senang ngebut di sirkuit mah bisa dengan biaya murah sudah meriah. Tapi kalau mau jadi jagoan (menangan) ya akhirnya jadi mahal juga biayanya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan