Sok Belakang Honda PCX 150 Lokal Bengkok, Benarkah ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suara sumbang mengiringi produk baru, apalagi yang sedang berkompetisi adalah hal wajar. Penyebabnya banyak, minimal ada beberapa yang sering muncul, yaitu akibat salah faham, sentimen dan atau memang riil adanya. Untuk itu suara-suara sumbang tersebut perlu diuji kebenarannya. Termasuk kasus sok belakang pcx 150 lokal yang “katanya” bengkok.

Penguji kebanaran dari kecacatan suatu produk secara nyata, tidak cukup dengan testimono, katanya atau opini. Akan tetapi harus ditinjau dari segi teknis. Dan pengujian teknis tersebut harus terukur secrara presisi, sehingga bisa diputuskan bahwa suara sumbang tersebut terbukti secara nyata benar atau salah.

Untuk permasalahn sok belakang pcx 150 lokal, kebetulan motogokil belum menyentuhnya, hanya pernah melihat sekilas. Tapi dari laporan di media sosial baik tentang sok belakang yang benkok atau tidak bengkok (lempeng/kenceng), sepertinya memang “terlihat” bengkok. Nah bagaimana kita sebagai user mengetahui defact ini, berikut tip-trik yang bisa motogokil sampaikan :

  1. Perhatikan as sok-nya. Karena bengkok tidaknya ditinjau dari as sok tersebut. Gunakan penggaris, atau benang untuk mengetahui as tersebut bengkok atau tidak.
  2. Kalau masih ragu, maka sok bisa diuji dengan digenjot naik-turun bagian belakang. Jika tidak lancar dan terlihat permukaan as sok baret, maka as sok tersebut memang bengkok tipis/sedikit.
  3. Kalau as sok benkok parah, maka sok tidak akan mau naik turun. Karena terjadi ketidak sesuaian antara as dan tabung soknya. Jika demikian pasti seal oli akan jebol, dan oli akan meler/keluar.
  4. Jika tidak maka, yang terlihat bengkok hanya gulungan pegasnya yang terlalu panjang dan terlalu lentur. Sepertinya ahm mengejar aspek kenyamanan rider untuk karakter sok belakang ini.
  5. Dan karena per-nya yang bengkok maka ada bagian yang dekat dan yang jauh (tidak senter) terhadap bagian tengah (as-tabung-cover) sok. Nah bagian terdekat (bagian atas) kemungkinan besar akan bergesekan.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar-gambar sok belakang pcx ini

Jadi kalau cuma per/pegas saja yang nggak senter, tidak akan menjadi masalah. Yang jadi masalah kalau as nya yang bengkok, sok akan kaku, seal akan bocor dan oli akan keluar. Dan jika oli keluar, bisa langsung terlihat, karena biasanya kotor dan ditempeli debu. Kalau sudah kejadian seperti ini, langsung klaim saja ke dealer/ahm.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

17 Komentar

  1. saya kurang setuju “Jadi kalau cuma per/pegas saja yang nggak senter, tidak akan menjadi masalah”
    karena posisi per/pegas yg tidak center pasti ny akan mempengaruhi life time per tersebut karena di salah satu sisi per tsb akan memerima beban yg lbh berat di banding sisi lainnya.
    dalam waktu yg dekat mungkin tdk akan terasa tp untuk waktu yg lama pasti akan terasa ada perubahannya.
    tapi enginer mungkin sdh menghitung atas design sok belakang tsb yang pasti enginer nya lebih pintar dari kita ..hahaha

  2. di antara tabung dalam dan per diberi bushing teflon saja pasti pernya akan lurus , sekedar saran saja buat pabrik skok

  3. Pelindung ring udah baret gara2 shock masak ga berbahaya untuk waktu yang lama?
    Ini harus recall ganti arm atau frame karena masalahnya di sana

    • kata dosen diatas gak perlu. jadi itu normal klo mw klaim ya klaim sazaaa…
      klo Yakampret nah itu baru masalah… itu emang CACAD dari Yakampret nya…
      tolong bedakan merek yah…

  4. Itu permasalahnya as dudukan shock bagian atas kurang keluar sedikit,jadi tdk segaris antara as dudukan atas dengan dudukan bawahnya,itu bisa di akali dengan menambah ring bagian dalam sebelum shock masuk as dudukannya

  5. tunggu batch 2 aje klw die ngk ada recall (malu ntar diem 2x ganti) sesuatu yg rabun ganda alias miring yg kelamaan gesekan spring per ng baret karat tuh tabung yg cromannya , duit di bayar utuh barang cari yg utuh not cacat

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan