MotoX Racing Team, Dukungan Nyata Yamaha bagi Pembalap Berbakat Nasional

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pabrikan motor yamaha, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), adalah salah satu pabrikan yang sangat konsen terhadap perkembangan balap nasional. Dalam semua event balapan nasional pabrikan yamaha bisa dikatakan tidak pernah absen membeli dukungan. Bahkan untuk kelanjutan karir pembalap di tingkat nasional dengan biaya sangat besar pun, yimm tidak ketinggalan.

Dua minggu yang lalu, atau tepatnya 10 maret telah di -launching Tim MotoX Racing 2018 Di Italia. Dalam acara tersebut diperkenalkan pulan secara resmi tampilan livery 2018 untuk gelaran balap FIM Supersport 300 World Championship (WSSP300). Salah satu pembalapnya adalah pembalap binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama. Rider asal Yogyakarta berusia 19 tahun, yang telah siap bertarung meraih prestasi terbaik di atas pacuan Yamaha YZF-R3.

Galang Hendra Pratama adalah pembalap muda dengan prestasi hebat. Karena ia mampu podium juara, saat mendapatkan jatah wildcard di Kejuaraan Dunia WSSP300 putaran terakhir di Jerez, Spanyol (2017). Selain itu Galang Hendra Pratama juga bersaing dengan empat pembalap muda berbakat lainnya di Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Yaitu tahapan karir yang realistis dan jelas bagi pembalap muda berbakat, menuju kejuaraan WorldSBK.

Sejarah Singkat Galang Hendra

Patut dimengerti, bahwa Galang Hendra lahir di Yogyakarta yang besar dari keluarga balap, dengan kedua orang tuanya berkompetisi di dunia road race.  Dia mulai mengendarai motorcross pada usia tujuh tahun namun akhirnya mengikuti jejak orang tuanya dan melakukan debut road race saat dia berusia sepuluh tahun (2009). Dia juga telah mengikuti balap nasional di Indonesia hingga menunjukan bakat yang luar biasa untuk masa depan.

Tahun 2015, Galang Hendra menjadi racer resmi Yamaha Racing Indonesia (YRI) di kategori Asian Road Racing Championship (ARRC) kategori Asia Production (AP250). Hajatan AP250 ini pertama digelar dan Galang Hendra menempati urutan kesembilan secara keseluruhan di musim rookie dengan motor Yamaha YZF-R25. Penampilannya yang mengesankan berlanjut hingga musim 2016 dan melihatnya terpilih untuk mengikuti edisi kedua Yamaha VR46 Master Camp.

Galang Hendra menghabiskan satu minggu training atau penajaman skill balap dari idolanya Valentino Rossi dan timnya. Tahun 2016, Galang Hendra berada di posisi klasemen kelima di Kejuaraan ARRC (AP250) yang sangat kompetitif dan pada 2017 ia menyelesaikan keseluruhan di posisi keenam dalam kejuaraan yang sama. Mantapnya, Galang Hendra memenangkan podium juara untuk pertama kalinya menjelang akhir musim 2017.

Galang Hendra memperlihatkan bakatnya yang luar biasa saat tampil dua kali sebagai wildcard di Kejuaraan WorldSSP300 2017. Tidak pernah balapan dengan Yamaha YZF-R3, bahkan belum pernah ke Eropa apalagi naik di trek hingga dia tampil impresif di Portimao, Portugal. Sempat berada dalam sepuluh besar saat balapan, sebelum terpaksa kembali ke pit dengan masalah teknis. Dia kembali bersemangat setelah diberi kesempatan wildcard kembali di Jerez. Disini Galang Hendra memberikan sebuah kemenangan sensasional. Setelah penampilan yang luar biasa di Spanyol tersebut, musim 2018 bersama dengan Moto X Racing di WorldSSP300 akan balap secara full seri.

—————————————–ooOoo———————————————-

Team MotoX Racing sendiri akan didukung oleh kemitraan baru antara Yamaha Motor Eropa dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang melihat kedua merek tersebut bekerja sama untuk membantu memelihara dan mengembangkan pembalap muda terbaik dari kawasan ini. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan sepeda motor Yamaha di Indonesia dengan slogan Yamaha Indonesia “Semakin di Depan”, yang berarti “satu langkah ke depan”. Sebuah filosofi yang mewujudkan segala hal yang ingin dicapai YIMM, menawarkan produk yang lebih baik kepada pelanggan, layanan purna jual dan kepuasan yang lebih baik.

Atas kepercayaan yang diberikan kepadanya Galang Hendra menyatakan :

“Saya merasa terhormat dan bangga mendapatkan kesempatan ini untuk mewakili Yamaha dan Indonesia di ajang Yamaha R3 bLU cRU Challenge dan Kejuaraan Dunia WSSP300. Setelah kemenangan saya di balapan terakhir di Jerez, kini saya diberi kesempatan untuk bersaing penuh dalam Kejuaraan ini dan akan menjadi tantangan, karena saya harus belajar sebagian besar sirkuit saat kami pergi tapi saya senang dengan tantangan yang ada di depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di Yamaha Indonesia, Yamaha Motor Europe, dan Team MotoX Racing karena memberi saya kesempatan untuk menunjukkan kemampuan saya di pentas Dunia,”

Sementara itu, Alberto Barozzi selaku Yamaha Motor Europe bLU cRU Racing Manager, mengungkapkan dukungannya kepada Galang Hendra dengan suatu pernyataan yang cukup membanggakan :

“Kami bangga berada disini dalam event MotoDays yang terkenal di Roma untuk peluncuran Team MotoX Racing sebagai penantang juara WorldSSP300. Yaitu dengan pembalap muda berbakat asal Indonesia, Galang Hendra. Dia memberi kesan mendalam dalam dua kali penampilan wildcard di tahun 2017 dan sepenuhnya layak mendapat kesempatan untuk bersaing di kejuaraan dunia full-seri.

Dia adalah satu dari lima pembalap yang telah dipilih dari masing-masing kejuaraan nasional untuk bersaing di 2018 Yamaha R3 bLU cRU Challenge setelah tampil mengesankan di Masterclass. Semua tim dan pembalap sedang mempersiapkan tes pra-musim dan fokus untuk memasuki babak pertama musim ini dengan cara terbaik.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Minoru Morimoto, Presiden Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan seluruh stafnya atas kolaborasi khusus ini yang memberi para pembalap muda Asia. Karir yang jelas ke Kejuaraan WorldSBK dan menampilkan kekuatan di Keluarga Yamaha,”

Semoga semakin banyak pembalap muda nasional berbakat yang berkiprah di kejuaraan balap internasional. Sehingga prestasinya dapat semakin ditingkatkan untuk mengharumkan nama bangsa. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan