Mau Tidak Mau Suzuki Harus Upgrade Hayabusa. Aplikasi Turbo Charge Adalah Pilihan yang Paling Tepat

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Suzuki hayabusa adalah salah satu motor terkencang di dunia. Dan pamornya mulai berkurang setelah muncul kawasaki ninja h2r. Bagaimana tidak, ninja h2r dengan kapasitas yang lebih kecil dari hayabusa (h2r 1000 cc, hayabusa 1300 cc), tapi powernya dan topspeednya bisa jauh lebih tinggi. Artinya suzuki hayabusa sudah waktunya mengalami upgrade besar-besaran.

Di sisi lain, sesuai dengan standarisasi emisi euro-4, suzuki hayabusa adalah salah satu motor yang tidak memenuhi persyaratan tersebut. Tapi saat diberlakukan aturan tersebut pada tahun 2016, suzuki hayabusa dan beberapa motor lainnya, masih diberi toleransi selama  2 tahun. Sehingga tahun 2018 ini tepatnya 31 desember 2018, adalah tahun terakhir bagi hayabusa jika ingin tetap ingin berjualan di eropa.

Pastilah suzuki tidak akan melepaskan pangsa pasar hayabusa baik di eropa dan di amerika (juga negara-negara kaya lainnya). Karenanya suzuki akan berusaha peningkatan standar emisinya sesuai euro-4. Artinya banyak sekali yang harus dirubah di sektor engine dan subsistem pendukung, seperti air tunnel, intake runner, air box filter, muffler dan juga yang lainnya.

Karena hayabusa harus memiliki pamor yang lebih tinggi dari ninja h2r, maka ada opsi untuk meningkatkan kubikasi engine menjadi 1400 cc, selevel dengan zx14r. Dan untuk mampu menandingi kecepatan ninja h2r mau tidak mau hayabusa juga harus mengaplikasikan turbo charge. Makanya framenya juga akan berubah, karena engine-nya lebih berat dan turbo charge akan mengambil tempat tertentu dalam frame tersebut.

Insinyur suzuki jepang mendisain hayabusa dengan kondisi keseimbangan yang baik sekali. Baik di sektor engine, rangka maupun fairingnya yang aerodinamis. Karena hayabusa yang baru nanti pastinya juga akan mengalami perubahan bentuk fairing. Dan pada ada bocoran yang ada menunjukkan bahwa bentuk hayabusa yang terbaru nanti tidak akan jauh dari mockup ini

Memang hayabusa sudah waktunya terlahir kembali, alias all new. Karena umurnya sudah cukup lama semenjak kelahirannya, sudah 20 tahun mas bro. Dan tentunya tampilan yang baru, performa yang baru serta fitur-fitur baru wajib melekat pada all new hayabusa ini, sinyalemennya akan lahir di awal 2019.

Mohon maaf jika ada salah dan kuranya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

3 Komentar

  1. H2 bermain sendirian, Hayabusa temen mainnya zx14r.

    Seperti Kawasaki yg ga menturbokan/ mensuperchargekan zx14r, baiknya Suzuki juga ga utak atik hayabusa karena segmentasi produknya beda.

    Hayabusa & zx14r sama2 mesin Normally aspirated. H2 mesin forced induction

    Hayabusa & zx14r dimensinya sama2 lebih panjang & berat dr H2. H2 lebih short & compact dr busa&zx14r.

    Harga hayabusa & zx14r tipe termahal masih lebih murah daripada H2 tipe termurah.

    Jadi idealnya Suzuki bikin produk baru aja yg satu aliran sama H2, tanpa utak atik hayabusa.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan