Motor Baru jalan 15 Hari Rantainya Putus…Percaya ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Satu lagi cerita nggak enak mendera produk honda terbaru yaitu crf 150. Setelah kasus kampas kopling terbakar karena medan bergambut, motor terbakar karena ganti karbu, yang terbaru adalah rantai putus. Padahal motor honda crf 150 ini baru turun dari dealer dan baru jalan 15 hari, bahkan cuma jalan di aapal…hmmmm seperti berbau keanehan.

Mengapa aneh ? Malah justru sangat aneh dan terkesan sesuatu yang sangat luar biasa, alias tidak normal. Berikut penjelasannya…

Motogokil sudah naik motor  sejak tahun 80-an, dengan penggerak akhir rante-gir (bukan gardan). Dan selama menggunakan motor “secara normal”, alhamdulillah, tidak pernah mengalami yang namanya rantai putus. Baik motor baru maupun motor bekas (beli seken) merek apapun, honda, yamaha, suzuki, bajaj, paling-paling hanya kendor dan berisik.

Jadi sangatlah aneh, jika ada motor baru 15 hari rantainya putus. Bahkan motor motogokil honda cs-1 mulai dari baru, sampai dijual (kalau nggak salah sampai berumur 7 yahun) dengan jarak tempuh puluhan ribu kilometer, masih pakai rantai ori, belum pernah ganti. Yang ada hanya molor dan mulai cengdor, akan tetapi masih layak dipakai. Sudah nyiapin rantai baru, tapi sampai motor dijual nggak putus-putus.

Kalaupun terjadi rantai putus yang langsung motogokil alami dan lihat langsung, beberapa kasus memiliki kronologi berikut :

  1. Nanjak ke gunung kawi, boncengan naik honda prima, kondisi rantai sangat kendor, akhirnya putus dijalan. Mampir ke bengkel, potong mata rantai (mungkin 2 mata), kemudian sambung dan lanjutkan perjalanan tanpa kendala. Aritnya kondisi tidak normal, rantai memang sudah sangat kendor, setelan sudah mentok, diajak nanjak dengan beban lumayan berat.
  2. Terjadi pada suprax 125, kondisi rantai baru ganti cuma buat ngetes. Belum 500 meter rantai putus. Ternyata kancingannya lupa dipasang

Jadi hanya dua kasus itu yang menyebabkan rantai putus menurut motogokil, yaitu rantai terlalu kendor plus dipaksa dipakai untuk beban berat atau meskipun rantai baru tapi kancingan sambungan rantai tidak terpasang. Nah khusus untuk honda crf150, malah justru motogokil telah mengujinya melalui lintasan yang cukup ekstrim. Baik nanjak terjal, maupun deselerasi di turunan curam, yang menuntut kekuatan rantai. Semuanya lancar, tanpa hambatan.

Nah sekarang para pembaca silahkan saja dicerna sendiri dengan pikiran yang logis, juga komparasikan dengan pengalaman naik motor sampai saat ini.

” Dalam kondisi normal, mungkinkah umur rantai motor baru hanya 15 hari ?”

Karena memang material dari rantai motor adalah logam yang sangat kuat. Bahkan jika beradu dengan mata gir saja, mata gir (belakang) kadang kalah dan rompal. Kekuatan tarik minimalnya bisa mencapai hampir 2 ton. Lihat tabel berikut

Honda crf 150 menggunakan rantai ukuran 428, dengan kekuatan tarik minimalnya 1920 kg. Mungkinkah dalam kondisi normal akan putus hanya untuk menggerakkan motor yang beratnya hanya 122 kg ? Apalagi kondisinya baru, jalannya aspal bukan offroad tambah nggak mungkin lagi, dengan catatan “kondisi normal”.

Monggo silahkan sharing, barangkali ada dari bro yang punya pengalaman naik motor beli baru atau bekas, merek apapun yang baru dipakai kurang dari 20 km, kemudian rantainya putus.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Advertisements

$where = 0;

14 responses to “Motor Baru jalan 15 Hari Rantainya Putus…Percaya ???

  1. kejadian putus rantai yg peenah kuliat didaerah tanjakan tanah putih semarang .

    motor jupiter burhan .

  2. motor baru kok rante nya item gitu. aneh

  3. Sori, justru di foto ini aneh menurut saya,

    Motor baru rantai kok hitam legam? Dikasih apaan tuh? Putus di sambungan atau rantainya lgsg? Okelah diterima kalo pake oli bekas, tp perlu dicermati lg, ini udah di selidiki belom? Kalo hanya foto saja tanpa keterangan si pemilik akan jadi isue liar seperti cb yg patah di bagian leher. Lagian bisa jadi itu ganti rantai (yg lebih kuat) tp lupa masang kancing atau kancing kebalik arah pasaangnya (ane pernah pengalaman nih ngancing nya kebalik harusnya yg U menghaadap depan malah hadap belakang jadinya jalan beberapa puluh KM (gak sampe 40KM) pedoott sambungan.

  4. Apa sih yg ga mungkin di dunia ini.
    Apalagi cuma masalah barang fail ya mungkin ajalah. Barang milyaran macem range rover aja bisa fail knp cuma motor Honda dianggap mustahil utk fail.

    Kalo bagian quality control nya lalai ngecek misalnya kancing terbalik, masa dibilang mustahil terjadi? Itu baru 1 kmungkinan, masih byk faktor lainnya.

    Paling fair klarifikasi ke pemilik, motor udh diapain aja. Klo full standar jadi bgini ya jelas siapa yg salah

  5. Cek kancing rantai, ada coretan cat ceklis?
    Biasanya kalau melewati QC terdapat cat ceklis..

  6. 15 hari, bukan 15 km, coba diambil dari sumber FB asli pengupload nya. Munivmotoblog mengulas lebih tuntas

  7. kalo saya percaya aja.
    tapi saya nggak percaya kalau CRF jelek, toh kasusnya baru 1.
    yg namanya parts apalagi dr vendor bisa aja cacat produksi.

  8. Di dunia ini tidak ada yang abadi, semua akan rusak pada waktunya.

  9. Bela in aja terus min sesembahanmu. .cb patah rangka dibela habis-habisan trus ngasih perbandingan dr produk lain yg habis kompetisi, kecelakan dsb. Pcx diameter velg lebih besar dr kompetitor dibangga in, scoopy velgnya lebih kecil eeh dibangga in juga, dibilang keunggulan dibanding kompetitor giliran kompetitor punya fitur lebih dibandingkan produk sesembahannya dibilang fitur yg kurang berguna. CRF kopling gosong dianggap wajar trus dibandingin sama motor” kopling gosong yg naik ke bromo. CB terbagi dua karena katanya nabrak lubang dianggap wajar, motor ane bebek full load turing kaltim-sel yg jalannya hancur bgt di perbatasan ga ada patah retak dsb, padahal velg sampai penyok, lah ini yg katanya nabrak lubang trus patah dianggap wajar dan sekarang rantai putus baru 15 hari langsung dicounter pake judul ‘percaya?’ Lah sudah keliatan gitu ya jelaslah percaya . .plat aja masih putih, baru 3 bulan putus aja bikin malu, apalagi 15 hari doang?. .ingat dosa. .banyak yg baca, banyak yg terbodohi dan anda salah satu yg dr mereka yg terlibat dalam pembodohan publik!!
    Perasaan dulu tulisan ente ga kaya gini deh. .

    • Iya ya.
      Model counter trus dengan membandinkan dgn yg lain.
      Semua bisa terjadilah lah bos.
      Klo mang terjadi ya memang terjadi ga usah alesan apapun.
      Jangan2 nih motor beda antara yg dipakai buat test ride dengan yg dijual dipasaran.

  10. Rantai ukuran 428 memang riskan digunakan. apalagi kalau akselerasi motor yang kuat tidak dibarengi dengan kualitas parts yang mumpuni. contohnya mungkin ente sudah tahu kalau kualitas rantai motor S dan rantai motor H bawaannya itu ‘beda’ walau ukurannya sama. mangkannya saya gak kaget.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan