Komparasi 3 Motor Sport Full Fairing 150 cc Perfoma Tinggi dari Tiga Pabrikan

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Alhamdulillah motogokil mendapat kepercayaan salah satu dealer yamaha di kota malang, untuk mereview motor sport full fairing yamaha terbaru yaitu all new r15 v3. Kebetulan di rumah juga ada hoonda all new cbr 150r (k45a) dan juga suzuki gsx r150. Maka akan mubadzir jika dikomparasikan antara ketiganya.

Tiga motor ini merupakan motor sport full fairing 150 cc yang paling powerfull dari 3 pabrikan yang berbeda, yaitu honda, yamaha dan suzuki. Sebelum kita komparasikan secara riil, mari kita lihat dulu spesifikasi yang diusung oleh 3 pabrikan tersebut. Berikut ini tabel komparasi spesifikasi resminya…

Jika dilihat tabel sepsifikasi yang mempengaruhi performa 3 motor sport di atas, maka langsung tampak bahwa performa honda cbr 150r (k45a) yang paling inferior. Maklum motor ini paling dahulu muncul (tahun 2014), sehingga wajar jika spesifikasinya dikalahkan oleh 2 motor yang lahir sesudahnya (tahun 2017). Power dan torsi yamaha r5 v3 terlihat paling besar, juga bisa dimaklumi karena memang kubikasinya 155 cc, sementara dua motor yang lain di bawah 150 cc. Dan jika ditinjau dari pwr yang terkait langsung dengan akselerasi terlihat suzuki gsx r150 paling mantab, juga harus dimaklumi karena bodinya paling ringan hanya 131 kg, sementara r15 v3 137 kg dan cbr 150r k45a paling berat yaitu 143 kg.

Secara teori dapat diprediksi berdasarkan data di atas, maka saat di adu di lintasan lurus, akan terjadi hal sebagai berikut :

  • Yamaha r15 v3 akan langsung melesat setelah start
  • Setelah lewat 4 detik kemudian suzuki gsx r150 mulai menyusul r15 v3
  • Sedangkan cbr 150r k45a akan tertinggal dari keduanya, karena bobotnya paling berat dan power serta torsinya paling kecil. Akan tetapi ada kemungkinan ia akan mendekati r15 v3 jika semuanya dalam keadaan full throttle, karena power puncaknya berada pada rpm yang sedikit lebih tinggi.

Sementara itu dulu masbro, komparasi akan dilanjutkan setelah motogokil mencoba ketiganya secara berurutan, di waktu lain. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

11 Komentar

  1. Point ke 3,dikatakan akan mendekati R15 karena putarannya lebih tinggi….. tp menurut logika sy tidak mungkin karena walaupun putaran lebih tinggi tp bobot dan tenaga(17ps) akan membatasi top speed….apakah asumsi sy bs dibenarkan?

  2. Motor sport 150cc terutama dari Honda semakin terpojok akibat shifting demand ke Aerox 155. CBR150R salahsatu korban terparah dari ganasnya Aerox ini ;p

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan