Gank Motor Penjarah Toko Pakaian…Membuat Nama Komunitas Motor Menjadi Jelek

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dan terjadi lagi, sekelompok anak-anak bermotor melakukan kegiatan kriminal bersenjata. Terlihat dari cctv toko (yang dirampok), bahwa kelommpok ini (gank motor) menjarah toko pakaian (tekstil). Bahkan terlihat salah satunya membawa senjata tajam (clurit).

Tentunya kejadian ini sangatlah memprihatinkan. Meskipun berkat informasi cctv dan kesigapan pak polisi, akhirnya para pelaku berhasil diamankan.

Akan tetapi kejadian ini memberikan ekses negatif bagi masyarakat, berdasarkan kesimpulan awam yaitu :

Sekumpulan anak muda bermotor = Kriminal

Walaupun kenyataannya, lebih banyak perkumpulan anak muda bermotor (klub, komunitas, perkumpulan, paguyuban dll) yang baik-baik, jangankan melakukan tindakan kriminal,  meresahkan warga pun tidak. Malah justru banyak berbuat kebaikan kepada anggotanya dan juga masyarakat.

Karenanya harus ada suatu kegiatan klub/komunitas motor yang mampu mengantisipasi kejadian ini. Baik dalah hal pencegahan maupun peningkatan “kesan baik” baik masyarakat terhadap klub motor. Kegiatan pencegahan bisa dilakukan dengan :

  • Berkoordinasi dengan semua klub motor (yang terverifikasi “baik”) di wilayah sekitar untuk mengetahui “pergerakan negatif”
  • Berkoordinasi dengan pihak kepolisian atau tni

Sedangkan kegiatan peningkatan kesan baik dari masyarakat dapat dilakukan dengan meningkatkan kegiatan positif. Seperti ngaji bersama, kegiatan sosial menyantuni panti asuhan.anak yatim, bakti sosial pada korban bencana dan lain-lain.

Bagaimana mas bro yang sering kopdar di klub/komunitas motor, apakah masih ada gank motor yang melakukan tindakan kriminal ?

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa richmatullohi wa barokatuh.

2 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan