Rangka Honda CRF Patah…Sudah Biasa Motor Trail Mah Gitu

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sempat kaget dengan sebuah video (kejadian di brazil amerika selatan), di mana seorang mengalami crash yang cukup fatal. Motornya terlempar terpisah dari ridernya. Saking kerasnya crash tersebut sang rider tidak bangun (mungkin patah tulang) dan motornya (honda crf series) terbelah dua.

Kok ya pas banget, honda crf 150l baru dirilis, eh ada kejadian ada honda crf yang tugel, alias patah dua. Berikut ini potongan bagian depan crf dan juga penampakan ridernya…

Ini ridernya

[sumber]

Tentu saja akan menjadi pertanyaan, apakah selemah itu frame honda crf ? Ataukah ada yang salah dengan lingkungan event (sirkuit) ? Atau ridernya yang melakukan kesalahan ? Sehingga terjadi crash yang sangat fatal sehingga ia cidera dan juga motornya rusak parah terbelah jadi dua.

Dalam dunia motocross, di mana kerangka (frame) sebuah sepeda motor kompetisi benar-benar disiksa di lintasan balap. Ternyata kejadian kerangka patah adalah hal biasa. Bisa dialami oleh semua merek motor, juga semua crossernya baik yang ahli (expert) apalagi yang awam. Bahkan pada kejadian crash yang tidak terlalu fatal pun dapat membuat kerangka patah. Berikut ini parade motor trail patah kerangkanya

Menurut motogokil, kekuatan frame sudah diriset secara mendalam oleh para insinyur pabrikan. Kekuatannya sudah terukur untuk menghadapi rintangan. Akan tetapi terdapat faktor lain yang menyebabkan patah, yaitu kejadian-kejadian yang sifatnya ekstrim, yang menyebabkan frame mendapatkan bebab ekstra jauh melebihi beban yang biasa diterimanya. Kejadian ekstrik tersebut adalah :

  • Loncat terlalu tinggi
  • Jatuh ke tanah dengan posisi salah
  • Menabrak motor crosser lain
  • Menabrak pohon, dan lain-lain

Motogokil bukan crosser, jadi gambaran penyebab tersebut di atas hanyalah hasil dari pengamatan video-video yang tersebar di dunia maya. Barangkali mas bro yang crosser sejati bisa menambahkan atau meluruskannya. Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

7 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan