Sistem Pelumasan yang Antik dari Kawasaki W175

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sistem pelumasana adalah salah satu bagian terpenting dalam setiap mesin, khususnya mesin motor bakar (engine). Karena selain melindungi komponen mesin dari keausan saat bergerak, juga membantu proses pendinginan. Umunya sistem pelumasan terdiri dari filter oli, penampungan, pompa oli dan saluran-saluran kecil menuju part yang akan dilumasi atau didinginkan.

sistem pelumasan engine sepeda motor saat ini menerapkan saluran-saluran menuju part-part penting di dalam badan engine, seperti tampak pada gambar di atas. Nah pada kawasaki w175 saluran-saluran ini terlihat unik dan antik, bukan terletak dalam casting engine (baik silinder, crankcase atau head-nya) akan tetapi terletak di luar dengan mengandalkan pipa-pipa tembaga. Perhatikan gambar berikut.

Menurut motogokil selain unik dan antik, sistem pelumasan model seperti ini memiliki keuntungan. Yaitu saat ia mengalir melalui pipa-pipa kecil di luar, ia akan bersentuhan langsung dengan udara luar yang mengalir dari depan ke belakang. Dan saat itu oli bisa melepaskan suhu panasnya ke udara lewat tembaga yang memiliki hantaran suhu yang cukup baik. Akibatnya suhu oli bisa turun dan saat sampai ke tempat tujuan (gearbox atau head silinder) suhunya lebih rendah dibandingkan saat sebelum memasuki pompa oli, dan pendinginan bisa lebih optimum. Jadi prinsip kerjanya mirip oil cooler dalam skala yang lebih kecil.

Dan sistem ini tentunya sangat bisa diterapkan pada motor-motor lain. Dengan prinsip yang sama atau lebih baik untuk engine dengan rasio kompresi yang lebih tinggi. Intinya harus memodifikasi saluran oli dari pompa oli ke luar menuju pendingin oli (oil cooler), seperti yang ada pada satria fu karbu atau pulsar 220.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

7 Komentar

  1. Tp kynya rawan potel y pa dosen klo trjadi kcelakaan/sesuatu hal yg tdk diinginkan!Btw bikin tips artikel DIY lg dunk pa dosen mengenai kabel kopling GSX yg tlalu melengkung yang bkin cpet putus aj.Maturusuwun sebelumnya…

      • iy seh bro jarang dipake dh 3 bulan masih 700an KM. Tp biasanya tiap hari manasin sambil remas2 kopling jg katanya biar g lengket kampasnya. Case tsb Alhamdulillah g mnimpa ane tp tmen2 komunitas yg mengeluhkan demikian. Meski dah dilakukan treatment2 sperti pelumasan dan stel kabelnya.

  2. Semua sistem pendinginan pasti ada plus minusnya. Kalo kayak diatas plusnya ya seperti pnjelasan diatas, dan lbh efisien meskipun kompresi agak tinggi (tgl tmbahin oil cooler kalo pndinginan yg ada sdh tdk memungkinkan saat modif naekin kompresi dkk). Tp kelemahannya ya gt rentan di colek2 tangan2 jahil, trmasuk jg kalo ada crash yg bersentuhan dgn saluran ini. Dan jg dipandang tdk kompak dibandingkan bila melalui saluran pada umumnya, serta costly.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan