Kampas Kopling Honda CRF 150L Hangus. Berikut Kronologinya…

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja kejadian, motor honda yang baru saja di-launching di beberapa daerah di seluruh Indonesia, mogok di medan lumpur. Peristiwa ini terjadi di pulau sumatera tepatnya di pekanbaru, riau. Menurut basuki prasetyo yang memosting berita ini, bak kanan terpaksa dibongkar untuk memperbaiki kopling yang gosong.

Dan menurut cerita beliau di beberapa komentarnya, bahwa motor honda crf 150l tersebut menempuh jalur yang sangat berat. Selain berlumpur dalam dan panjang, lumpur juga bercampur dengan gambut dan rerumputan. Sehingga motor-motor yang terbilang bermesin standar (termasuk crf 150l ini hanya ganti knalpot) akan sangat menderita.

Jika dilihat dari apa yang terjadi pada roda depan dan belakangnya

Menurut motogokil, penyebabnya bukan masalah mesin, akan tetapi masalah medan yang sangat berat, dan perlakuan rider pada motornya yang kurang tepat. Terlihat bahwa kandungan lumpur+rumput selain memperberat putaran ban, juga mengganjal di antara ban dan swing-arm/fork usd.

Alhasil ban seperti di rem oleh tumpukan lumpur dan rumput di area tersebut. Dan ketika rider menghentikan laju motornya untuk beristirahat sejenak, ia akan memulainya lagi dengan cukup berat. Gigi-1, tekan kopling, gas full, lepas kopling, dan jika ini kurang berhasil akan dilakukan berkali-kali.

Dan ketika ban semkain berat, semakin seret sementara medan berlumpur dalam dan panjang masih membentang, akhirnya kampas kopling “menyerah”. Mesin powernya ok, tapi ban terkunci, maka kampas koplinglah (yang paling lemah) menjadi korban. Memang didisain demikian, sehingga piston-ring piston-silinder serta gearbox terhindar dari kerusakan.

Dan masalah kampas kopling gosong bukan sesuatu yang aneh, bagi motor yang bekerja diluar kemampuannya. Atau motor yang digunakan bukan pada habitatnya. Dan bisa juga pada motor yang ridernya belum terbiasa menggunakannya. Seperti beberapa penampkan berikut.

Gambar-gambar di atas adalah gambar motor yang mogok di lautan pasir bromo. Padahal medannya hanya berpasir, tidak berlumpur dan bergambut. Tapi ternyata kampas koplingnya aus juga, jadi penyebab kampas kopling aus (jika motornya baru dan sehat) adalah medannya yang terlalu berat, atau skill ridernya yang kurang.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

13 Komentar

  1. Sangat mencerahkan. Sepertinya kombinasi medan sangat berat (terlalu malahan utk kelas 150cc) dan skill rider yg kurang mumpuni dlm main kopling jg jadi andil. Tp yg pertama itu yg paling memungkinkan. Ntar jd bahan bc nih kayaknya

    • Kenapa om Roy loe ngarep ada beritanya, ya kan, yawda bikin aja blog sendiri atau tarik aja link ini ke blog besar trus loe bc habis2an tuk menarik fb lain, dasar om2 2tak tak tak, payah umur tua tapi pikiran anak2 ngambekan

  2. Berarti harus ada disclaimer bahwa sepeda motor ini hanya untuk kegunaan kasual saja. Kasian juga kalau pengguna newbie di Medan berat kayak gini, disisi lain yang sudah kawakan ga mungkin pakai motor ini.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan