Masalah Rantai Motor Bisa Merembet Membuat Mesin Ambrol

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rantai motor memang harus diperhatikan tegangannya. Harus standar sesuai aturan, tidak terlalu kencang juga tidak boeh terlalu kendor. Kalau terlalu kencang rantai rentan mulur dan jika terlalu kendor rantai bisa cacat karena beradu dengan mata gir (mata gir tidak tepat masuk ke rantai).

Rantai motor yang rusak dapat merusak part-part mesin bagian dalam, bahkan bisa bikin mesin ambrol. Kok bisa ? Rantai motor di luar sedangkan part mesin di dalam ?? Bisa bro….begino kronologinya……

Jika rantai motor terlalu kendor bisa copot dari gir belakang. Jika rantai motor terlalu kencang bisa putus. Kedua kasus rantai ini karena kurangnya perhatian pengguna/pemilik untuk memeriksa dan menyetel kekencangan rantai secara periodik. Dan jika ini terjadi, hal seperti ini bisa saja terjadi, lihat gambar berikut.

Jadi rantai yang copot akan tertarik kuat ke depan oleh gir depan. Karena punya momentum dan tidak ada beban, maka rantai berkumpuk di sekitar gir depan. Ketika gir putar keras, maka rantai bergerak tidak beraturan menuju gir depan, sehingga macet terjepit di sela-sela antara gir dan dinding crankcase, seperti gambar di atas. Menghentikan poros mainshaft dengan cara paksa ini sudah bsa membuat gearbox protol, jika kondisi ekstrim (ngebut).

Karena rantai terbuat dari baja, sedangkan crankcase terbuat dari aluminium/diral, maka crankcase yang kalah dan bolong. Dari lubang akan bocor, oli mesin akan keluar. Semakin besar lubangnya semakin deras, dan cepat habis olinya. Jika tidak disadari maka jeroan mesin (gearbox, crakchaft, piston, camshaft dan valve) bisa rontok.

Cara menaggulanginya ada dua :

  1. Sementara jika duit cekak.
    • Buang oli
    • Bersihkan dengan bensin dan keringkan daerah yang jebol.
    • Tambal dengan plastik steel, jka perlu diberi penguat berupa bubuk besi
    • Setelah yakin kering, kembalikan
  2. Permanen jika ada dana, langkahnya
    • Bongkar mesin, sampai crankcase lepas
    • Bawa ke tukang las diral untuk di tambal
    • Kembalikan

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan