GSX R150 Tembus 165 Kpj di Sentul. Apa Saja Ubahannya ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suzuki gsx r150 secara spesifikasi dan juga style, memang dibangun untuk “ready to race”. Artinya dalam tubuhnya sudah tersedia potensi yang sangat besar untuk menerima upgrade. Baik peningkatan performanya maupun handling-nya.

Nah baru saja terbit sebuah video yang mempu menggambarkan upgrade tahap awal dari suzuki gsx r150 ini. Dan saat dicoba di sentul (stright) kecepatannya (versi speedo) mencapai 165 kpj. Tentu saja kecepatan ini jauh di atas kecepatan standar (normal) yang hanya berkisar 150-an kpj. Mari disimak videonya…

Ternyata ubahannya tidak banyak, tapi memang menyentuh variabel-vaariabel yang signifikan kontribusinya terhadap peningkatan power engine, yaitu :

  1. Porting and polish; ubahan ini untuk meningkatkan efisiensi volumetrik, agar volume udara yang berhasil masuk ke ruang bakar meningkat. Besarnya ve juga bisa lebih dioptimalkan lagi dengan men-tuning beberapa part lain seperti intake runner, sudut seating klep, diameter klep, profil camshaft, panjang header knalpot dan lain-lain.
  2. Aplikasi knalpot racing AKAP racing series (spesial buat race). Dengan penentuan ukuran header yang tepat, maka power di suatu band rpm tertentu dapat ditingkatkan secara signifikan.
  3. Aplikasi ecu racing (mungkin sarp atau juken 5). Dengan aplikasi ini setting pengapian dan afr dapat ditentukan sesuai permintaan engine, khususnya dari setingan 2 poin di atas. Makanya jika dilihat di speedometer pada gigi-6 putaran engine sudah hampir mentok, tanda bahwa powernya sudah meningkat signifikan, meskipun kapasitasnya masih 147 cc.

Mau motor suzuki gsx r150 nya sekencang itu ? monggo hubungi ownernya langsung Bro Joko Prasetyo Subangun. Tapi ingat ya…jangan buat kebut-kebutan di jalan umum. Perhatikan jenis knalpotnya “racing series” khusus buat balapan di sirkuit, bukan di jalan umum.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

5 Komentar

  1. Kayanya ngga pernah lihat deh ada motor bisa gas pol di tahun 2017 ini. Udah jumlah motor mobil makin banyak, trotoar dibangun melebar, jalanan makin menyempit.

    Kisah nyata di jabotabek.

    • ente cocoknya pake CBR150RR Overstroke bang bukan GSX-R150. Karena ente kerja didaerah macet, pulang pergi kena macet, dan masuk ke gang rumah ente pun macet. Cocoknya naek DOHC Honda. Klo GSX-R150 itu cocok untuk daerah kalimantan, sumatera yg jalurnya lurus panjang diatas 3-4km.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan