Honda Tambah Lagi Varian Motor Berbasis Engine K56, Lawan Tangguh Yamaha MSlaz (Xabre)

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Satu lagi varian motor sport 150cc dari pabrikan honda lahir,  yaitu cb150r exmotion di negara tetangga, thailand. Meskipun tetap menggunakan nama cb150r akan tetapi semua part selain engine, sama sekali berbeda jika dibandingkan all new cb150r streetfire facelift. Dan dengan menggunakan basis engine yang sama dengan all new cb150r, maka performanya pun tidak jauh berberbeda.

Lahirnya cb150r exmotion ini (menurut motogokil) sebagai pengimbang varian dari rivalnya yaitu yamaha mslaz (versi Indonesia-nya yamaha xabre). Karena memang genrenya dibuat sama dengan beberapa keunggulan tentunya. Rivalitas antara exmotion dan mslaz sangat kentara terlihat dari style, aplikasi usd dan swingarm model baru. Hanya saja honda membangun exmotion dengan beberapa keunggulan (yang sangat tampak mata) dibanding mslaz, yaitu di bagian sistem pengereman dan ukuran roda.

Dengan basis engine (k56) yang sama, maka honda menghadirkan varian yang lebih lengkap dari yamaha. Berikut komparasinya antara varian honda berbasis engine cb150r dan varian yamaha berbasis engine vixon :

  • Honda all new cbr150r vs Yamaha all new r15 (upgrade 155cc, vva, slipper assist clutch)
  • Honda supra gtr150 vs Yamaha mx king
  • Honda all new cb150r vs Yamaha all new vixion (tipe R upgrade seperti all new r15)
  • Honda cb150r exmotion vs Yamaha mslaz (xabre)
  • Honda sonic 150r belum ada lawan dari yamaha

Sepertinya honda benar-benar tidak ingin mensia-siakan engine k56 yang baru dibangunya. Benar-benar multiguna, buat topspeed (all new cbr150r dan sonic150r) juga buat urusan touring (all new cb150r, supra gtr150 dan exmotion ini). Yang kurang tinggal motor tril-nya barangkali akan lahir nanti crf r150 dengan mesin yang lebih powerfull dibandingkan crf 150 yang berbasis engine verza.

Melihat dari harga yang di-infokan yaitu sekitar 40-44 juta di thailand, maka sangat kecil kemungkinan masuk ke Indonesia. Honda thai membangun exmotion memang untuk melawan mslaz, sedangkan di Indonesia xabre (sebagai kembaran mslaz) bukanlah motor “yang perlu dilawan”. Karena pangsa pasarnya sangat kecil dibandingkan vixion. Jadi sepertinya ahm merasa masih kurang perlu melawan xabre dengan memasukkan exmotion.

Lalu apa pentingnya motogokil menulis artikel honda cb150r exmotion ? Sebenarnya tidak terlalu penting, akan tetapi motogokil ingin menunjukkan bahwa cb150r bisa dibangun menjadi street fighter seperti exmotion ini. Dan owner cb150r baik yang old maupun yang all new bisa menjadikannya referensi, jika ingin membangun street fighter berbasis cb150r, tentunya sesuai dengan budget yang ada.

[sumber]

Sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan