Suzuki GSX R150 Motor Kencang Tapi Bisa Irit. Nih Buktinya…

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tidak disangsikan bahwa suzuki gsx r150 adalah motor yang diciptakan memang untuk kecepatan tinggi. Stroke pendek, bore besar, diameter klep besar, throttle body terbesar dikelasnya, limter 13000 rpm dan stang underyoke, merupakan ciri-cirinya. Dengan riding style ala motogokil fuel consumption (fc)-nya hanya dapat 30.xx km/l (kadang sendiri kadang goncengan).

Wajar sih jika mengacu pada satria fufi yang juga pernah motogokil coba, cuma dapat 31.7 km/l [artikel], sedangkan gsx r150 lebih berat dan lebih powerfull. Akan tetapi jika melihat beberapa status beberapa rider gsx r150 yang menyatakan sanggup lebih irit, motogokil jadi penasaran.

Apa bisa motor kencang tapi irit ?

Tadi pagi kebetulan ada waktu luang, motogokil mencoba untuk mendapatkan fc dari gsx r150, yang lebih irit dari 30.xx km/l. Dan inilah hasilnya…

Luar biasa ya mas bro, bisa 49.2 km/l, jauh lebih irit ketimbang sebelumnya. Akan tetapi fc dari gsx r150 yang seirit ini, diperoleh dengan beberapa catatan :

  • Bobot rider 75 kg, sendirian tanpa boncenger
  • Jalan padat lancar, kadang merayap
  • Jarak 9 km
  • Ada 4 spot kemacetan (2 lampu merah, 2 persimpangan)
  • Bahan bakar pertamax turbo (full tank)
  • Jika macet riding style biasa, jika lancar kecepatan dipertahankan antara 35-50 km/jam di sekitar 3000-4000 rpm pada gigi-3/5.

Capaian konsumsi bensin gsx r150 ini lebih irit dibandingkan nmax dengan jalan yang sama dan style (very slow) yang sama. Nmax hanya mampu menorehkan fc 47.2 km/l [artikel]. Ternyata ada lho motor kencang yang juga bisa pelan dan irit, yaitu suzuki gsx r150, silahkan buktikan.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

7 Komentar

    • pasti
      karena gsx r150 paling pendek stroke-nya, otomatis torsinya paling kecil
      sehingga untuk melaju pelan membutuhkan putaran yangsedikit lebih tinggi

  1. Masih iritan CBR150R tapi juga paling kencang, kenapa? ya liat aja penjualan CBR150R, gak mungkin orang beli sport fairing klo lemot. Pasti kencang itu motor

  2. “Stroke pendek, bore besar, diameter klep besar, throttle body terbesar dikelasnya, limter 13000 rpm dan stang underyoke, merupakan ciri-cirinya”

    Limiter bukan 13.000, Tabloid Otomotif bilangnya di 12.400 RPM (yang terbaca di DYNO).
    Lalu Bukannya CBR 150R Overbore lawas Thailand punya valve in yang lebih besar Om? yaitu 24 mm, katanya Suzuki ini 23 mm diameter valve in nya? atau mesin GSX R 150 sama FU FI ada perbedaan pada diameter valve in nya dimana punya GSX sedikit lebih besar?
    Oh iya satu lagi, kabarnya diameter valve in All New Yamaha R15 cuma naik 1 mm doang lho Om jadi 20.5 mm saja valve in nya, kenapa gak dipaskan 21 mm aja ya atau 21.5mm, diameter segitu masih tergolong kecil.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan