[GIIAS 2017] Yang Menarik dari Gerai : Honda

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pagelaran pameran otomotif GIIAS 2017 hari ini berakhir. Walaupun motogokil tidak bisa menghadiri acara tersebut, namun motogokil mencoba untuk sedikit merangkum beberapa hal menarik yang sayang untuk diabaikan. Menarik disini karena bernilai spesial (bagi motogokil) yang dihubungkan dengan dunia per-sepeda motor-an tanah air. Untuk yang pertama dari honda dulu, nanti menyusul dari suzuki, ktm dan yang lainnya.

Honda memang menyajikan banyak pemandangan menarik di gerainya. tapi menurut motogokil hanya ada 3 yang paling menarik, yaitu cbr250rr, sh150i dan crf150. Tentunya menarik dari aspek yang berbeda, akan tetapi masih dalam lingkup sepeda motor. Dan pada aspek-aspek tersebut masih bisa bermanfaat bagi rider dan pencinta sepeda motor tanah air.

CBR250RR

Yang menarik dari cbr250rr ini bukan sepeda motornya. Karena cbr250rr sudah sering dibahas baik style, fitur, teknologi dan performanya. Akan tetapi yang menarik adalah corak gambarnya “kabuki”.

Dari gambar yang menempel pada firing cbr250rr ini, para kreator bisa mengambilnya sebagai sumber inspirasi. Dengan bermodal cutting sticker corak dari gambar lain yang “Indonesia” bisa ditempelkan pada motor full fairing. Bisa macam-macam gambar yang bersumber pada teknologi, budaya dan alam.

CRF150

Yang menarik dari motor ini adalah bahwa crf 150 ini engine memiliki kesamaan dengan new mega pro dan verza. Sehingga ketika pasar motor offroad mulai bergairah di tanah air, kemungkinan besar motor ini akan dirilis oleh honda (ahm). Karena dengan basis engine yang sama dengan verza, maka ongkos produksinya pun akan semakin murah.

Menurut motogokil, barangkali untuk versi Indonesia-nya akan dibuat 22 versi yaitu versi murah dan versi mahal. Yang murah mungkin seharga new megapro, dan yang mahal seharga all new cb150r. Bisa jadi ahm juga mengeluarkan versi murang dalam style supermoto, dengan ban aspal buka offroad.

Dengan menggunakan engine ini (verza) crf akan lebih simple alias praktis. Dengan pendingin udara sudah cukup, engine bekerja paka kompresi lebih rendah (sekitar 9.5:1). Bahan bakarpun cukup murah dan merakyat tersebar di pelosok kampung, cukup pertalite. Bagi owner new megapro ataupun versa, mungkin bisa mengadopsi model ini untuk keperluan trabas/off road atau perjalanan di medan yang cukup sulit.

SH150i

Motor skutik ini jadi spesial karena style cukup unik. Style nya mirip beat, tapi bongsor dengan ban ukuran 16 inchi. Sok belakang dobel mirip pcx atau nmax dengan power di atas honda verza/mega pro fi, sekitar 14.82 ps.

Menurut motogokil jika ahm memasukkan motor ini bulat-bulat, akan sulit laku karena sangat eksklusif ditinjau dari harga dan modelnya. Akan tetapi jika rangkanya pakai motor ini, mesinnya pakai vario150 barangkali bisa berbicara banyak. Apalagi style disetarakan dengan nmax atau aerox tentunya akan banyak menuai perhatian rider “dewasa” (balung tuwo).

Sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan untuk yang spesial dari honda di giias 2017. Jika ada salah dan kurangnya moton maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan